Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Berbagai Tipe Karakter Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Teams Assisted Individualization) Pada Materi Pokok Hukum Hukum Dasar Kimia Kelas X IPA SMA Negeri 1 Kupang Timur Tahun Ajaran 2016/2017

LADO, Maria Angelina (2017) Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Berbagai Tipe Karakter Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Teams Assisted Individualization) Pada Materi Pokok Hukum Hukum Dasar Kimia Kelas X IPA SMA Negeri 1 Kupang Timur Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (395kB)

Abstract

Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran kimia di sekolah adalah, karena guru dan peserta didik sendiri tidak mengetahui tipe-tipe karakter yang dimiliki. Karakter adalah ciri, karakteristik atau sifat khas seseorang dalam berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya dan adat istiadat. Tipe-tipe karakter dibagi menjadi empat macam, yaitu: Sanguinis, melankolis, koleris dan flegmatis. Model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Teams Assisted Individualization) peserta didik ditempatkan dalam kelompok kecil (empat sampai lima peserta didik) yang heterogen dan selanjutnya diikuti dengan pemberian bantuan secara individu bagi peserta didik yang memerlukannya. Selain itu model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Teams Assisted Individualization) peserta didik akan bekerjasama dalam menyelesaikan soal dan keberhasilan kelompok sangat diperhatikan, maka peserta didik yang pandai ikut bertanggung jawab membantu temannya yang lemah dalam kelompoknya. Dengan demikian, peserta didik yang pandai dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilannya, sedangkan peserta didik yang lemah akan terbantu dalam memahami permasalahan yang diselesaikan dalam kelompok tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu:(1)Untuk mendeskripsikan efektifitas Model pemnelajaran Kooperatif tipe TAI (Teams Assisted Individualization) pada materi pokok Hukum-hukum Dasar Kimia siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Kupang Timur tahun ajaran 2016/2017.(2)Untuk mendeskripsikan tipe karakter siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Kupang Timur tahun ajaran 2016/2017.(3)Untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa dari berbagai tipe karakter yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe TAI (Teams Assisted Individualization) pada materi pokok Hukum-hukum Dasar Kimia siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Kupang Timur tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan komparatif. Yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Kupang Timur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe TAI (Teams Assisted Individualization), lembar pengamatan kemampuan psikomotor peserta didik, lembar sikap spiritual peserta didik, lembar sikap sosial peserta didik, Tes Hasil Belajar (THB), lembar aspek psikomotor, lembar angket tipe-tipe karakter. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe TAI (Teams Assisted Individualization) termasuk dalam kategori baik dengan skor 3,75. Ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe TAI (Teams Assisted Individualization) adalah tuntas dengan rincian untuk keempat aspek: (a) aspek sikap spiritual dengan skor rata rata 88,97 (b) Aspek sikap sosial dengan skor rata-rata 84 (c) Aspek kognitif tuntas dengan skor 86 (d) Aspek psikomotor tuntas dengan skor 87. (2) Peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Kupang Timur memiliki tipe karakter sanguinis 35 orang, tipe melankolis 22 orang, tipe koleris 13 orang, dan tipe flegmatis 10 orang. (3) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada berbagai tipe karakter yang menerapkan Model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Teams Assisted Individualization) materi pokok hukum-hukum dasar kimia siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Kupang Timur tahun pelajaran 2016/2017 dengan harga Fhitung ≥ Ftabel atau 9,72 ≥ 2,72.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tipe karakter, Model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Teams Assisted Individualization), dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 14 Nov 2022 01:49
Last Modified: 14 Nov 2022 01:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10027

Actions (login required)

View Item View Item