Pengaruh Kemampuan Keruangan Dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Hidrokarbon Yang Menerapkan Pendekatan Saintifik Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

AKOIT, Filiberti Melania Banu (2017) Pengaruh Kemampuan Keruangan Dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Hidrokarbon Yang Menerapkan Pendekatan Saintifik Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (698kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)

Abstract

Pendekatan saintifik merupakan proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkonstuksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang “ditemukan”. Masaalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana kemampuan keruangan peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (3) Bagaimana sikap ilmiah peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (2) Untuk mengetahui kemampuan keruangan peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (3) Untuk mengetahui sikap ilmiah peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018. Dari Analisis data dipeoleh: (1) Penerapan pendekatan saintifik efektif pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang (2) Kemampuan keruangan peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang termasuk dalam kategori sangat unggul dengan nilai rata-rata TPA kemampuan keruangan sebesar 646 (3) Sikap ilmiah peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata- rata 87,44 (4) Adanya hubungan antara kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,7256 dan nilai koefisien determinansi (D) = 52,65%, serta nilai ≥ atau 20,019 ≥ 3,259 (5) Adanya pengaruh antara kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018, dengah hasil penelitian menunjukan pengaruh kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 36,2502 + 0,1163(X1) + 0,4461(X2) dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 20,015 ≥ 3,259.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Keruangan, Sikap Ilmiah, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 13 Dec 2019 05:43
Last Modified: 13 Dec 2019 05:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1003

Actions (login required)

View Item View Item