Pengaruh Tipe-Tipe Karakter Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Minyak Bumi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupangtahun Pelajaran 2016/2017

BOY, Johanis Christofel Dedirik (2017) Pengaruh Tipe-Tipe Karakter Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Minyak Bumi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupangtahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)

Abstract

Karakter merupakan ciri khas yang dimiliki oleh suatu benda atau individu (manusia). Karakter mengacu pada serangkaian sikap (attitudes), perilaku (behaviors), motivasi (motivations), dan keterampilan (skills). Setiap individu pasti memiliki karakteristik yang berbeda dengan individu lainnya. Terdapat empat tipe karakter, yaitu tipe sanguinis ‘yang popular’; tipe melankolis ‘yang sempurna’; tipe koleris ‘yang kuat’; dan tipe flegmatis ‘cinta damai’. Penalaran merupakan suatu proses berpikir dalam menarik suatu kesimpulan yang berupa pengetahuan. Manusia pada hakekatnya merupakan makhluk yang berpikir, merasa, bersikap dan bertindak. Penalaran mengandung logika berpikir dan bersifat analitis. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning, yang terdiri dari: (a) untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning (b) untuk mengetahui ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik keas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang, (c) untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017, (2) untuk mengetahui tipe-tipe karakter peserta didik kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017, (3) untuk mengetahui kemampuan penalaran peserta didik kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017, (4) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pada materi pokok minyak bumi dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning peserta didik kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017, dan (5) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pada materi pokok minyak bumi dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning peserta didik kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan jenis penelitian deskriptif-asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Variabel penelitian terdiri atas tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran sebagai variabel bebas. Sedangkan hasil belajar peserta didik sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran discovery learning efektif dalam proses pembelajaran pada materi pokok minyak bumi, yang ditunjukan dengan: (a) Guru mampu mengelola pembelajaran dengan baik dengan skor 3,93, (b) Indikator hasil belajar tuntas yang ditunjukan dengan rata-rata proporsi ketuntasan indikator observasi sikap spritual 0,88, ketuntasan indikator angket sikap spritual 0,92, ketuntasan indikator observasi sikap sosial 0,92, ketuntasan indikator angket sikap sosial 0,90, ketuntasan indikator aspek kognitif 0,90, ketuntasan indikator psikomotor sebesar 0,89, THB proses sebesar 0,88, presentasi sebesar 0,93, dan portofolio sebesar 0,91. (c) Hasil belajar tuntas dengan ketuntasan hasil KI–1 90,3, KI–2 90,8, KI–3 90,4, KI– 4 90,6 dan ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan sebesar 90,5. (2) Nilai rata-rata tipe-tipe karakter peserta didik kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang adalah 85 dan termasuk kategori sangat baik. (3) Kemampuan penalaran peserta didik kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang sangat baik dengan nilai sebesar 77, (4) Ada hubungan antara tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pada materi pokok minyak bumi dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning peserta didik kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang, yang dijabarkan sebagai berikut: (a) Ada hubungan tipe-tipe karakter terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai koefisien (rx1y) = 0,556 dan nilai koefisien determinansi (D) = 31%, serta nilai t ≥ t atau 11,95 ≥ 2,048. (b) Ada hubungan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx2y) = 0,914 dan nilai koefisien determinansi (D) = 84%, serta nilai t ≥ t atau 11,95≥ 2,048. (c) Ada hubungan tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai korelasi (rx1x2y) = 0,924 dan nilai koefisien determinansi (D) = 68,89%, serta nilai F ≥ F atau 78,296 ≥ 3,354. (5) Ada pengaruh tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pada materi pokok minyak bumi dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning peserta didik kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang, yang dijabarkan sebagai berikut: (a) Ada pengaruh tipe-tipe karakter terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 53,732+0,261(X1) dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 78,295 ≥3,259. (b) Ada pengaruh kemampuan penalaran terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 53,372 +0,197(X2) dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 142,83 ≥ 4,08. (c) Ada pengaruh tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 36,2502 + 1,1163 (X1) + 0,4461 (X2) dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 78,295≥ 3,354.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tipe-Tipe Karakter, Kemampuan Penalaran, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minyak Bumi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 14 Nov 2022 06:49
Last Modified: 14 Nov 2022 06:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10036

Actions (login required)

View Item View Item