Pengaruh Luas Lahan, Tenaga Kerja, Modal dan Teknologi Terhadap Pendapatan Petani Padi Sawah di Kelurahan Babau Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang

DOS SANTOS, Bendito (2018) Pengaruh Luas Lahan, Tenaga Kerja, Modal dan Teknologi Terhadap Pendapatan Petani Padi Sawah di Kelurahan Babau Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (684kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (186kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Luas Lahan, tenaga kerja, modal dan Teknologi Terhadap Pendapatan Petani Padi Sawah di Kelurahan Babau Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa hasil wawancara, Observasi, dan kuesioner, serta diambil 34 orang petani sebagai sampel dan data yang terkumpul ditabulasi. Analisis penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS untuk menguji pengaruh Luas Lahan, tenaga kerja, modal dan Teknologi Terhadap Pendapatan Petani Padi Sawah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Seberapa besar pengaruh Luas Lahan, tenaga kerja, modal dan Teknologi terhadap pendapatan petani Padi Sawah di Kelurahan Babau Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang? 2. Apakah Luas Lahan, tenaga kerja, modal dan Teknologi berpengaruh secara signifikan secara simlutan dan parsial terhadap pendapatan Petani Padi Sawah di Kelurahan Babau Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang ? 3. Bagaimana gambaran Luas Lahan, tenaga kerja, modal dan Teknologi terhadap pendapatan petani padi sawah di Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang? Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Luas Lahan (X1) dan Tenaga Kerja (X2), Modal (X3), Teknologi (X4) dan variabel terikat adalah (Y) adalah Pendapatan Petani Padi Sawah. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Variabel dependen secara simultan atau bersama – sama mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Petani Padi Sawah yakni sebesar 93,7% dan sisanya sebesar 6,3% di pengaruhi oleh variabel lain dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diberikan saran yakni 1. Kepada Petani Padi Sawah agar meningkatkan pendapatan usaha tani padi sawah dan dianjurkan menggunakan tenaga kerja traktor untuk mengolah tanah, 2. Diharapkan kepada pemerintah untuk membantu dan mengembangkan traktor bagi petani dalam rangka peningkatan usaha tani padi sawah, 3. Untuk mencapai hasil yang maksimum dalam usaha tani padi sawah ini, maka petani padi sawah harus memperhatikan penggunaan faktor-faktor produksi secara lebih efisien sesuai dengan kebutuhan, 4. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan sehingga menambah atau mengurangi variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:20
Last Modified: 16 Nov 2022 00:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10057

Actions (login required)

View Item View Item