Upaya Pembelajaran Tari Tradisional Sa‟A Nagekeo Melalui Metode Drill Pada Mahasiswa Semester 1 Minat Tari Program Studi Pendidikan Sendratasik Unwira Kupang

BHUNGA, Theresia (2016) Upaya Pembelajaran Tari Tradisional Sa‟A Nagekeo Melalui Metode Drill Pada Mahasiswa Semester 1 Minat Tari Program Studi Pendidikan Sendratasik Unwira Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (287kB)

Abstract

“Kabupaten Nagekeo merupakan salah satu kabupaten yang banyak memiliki kesenian daerah, diantara lainnya adalah tarian. Tarian Sa’a merupakan salah satu tarian tradisional dari Nagekeo lebih khususnya di Kecamatan Boawae. Agar tarian ini tetap dilestarikan dan tidak hilang maka peneliti berinisiatif untuk memperkenalkan tarian Sa’a Nagekeo kepada mahasiswa semester 1 minat tari program studi sendratasik unwire Kupang melalui metode drill. Permasalahan dalam melaksanakan penelitian ini adalah bagaimana upaya pembelajaran tari tradisional sa’a Nagekeo kepada mahasiswa semester 1 minat tari program studi sendratasik melalui metode drill. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana upaya pembelajaran tari tradisional sa’a Nagekeo kepada mahasiswa semester 1 minat tari program studi pendidikan sendratasik melalui metode drill. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah tindakan lapangan dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, studi lapangan, observasi wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam upaya pembelajaran tari tradisional sa’a Nagekeo kepada mahasiswa semester 1 minat tari program studi pendidikan sendratasik melalui metode drill ini dilakukan dalam tiga tahap. Ketiga tahap itu yakni tahap awal, tahap inti dan tahap akhir. Pada tahap awal diawali dengan perekrutan mahasiswa minat tari, penentuan jadwal latih tarian, penjelasan tentang sejarah tarian sa’a dan unsure-unsur tari sa’a. Pada tahap inti peneliti mempragakan ragam gerak tari sa’a dari ragam satu sampai ragam akhir. Pada tahap ini juga proses latihan diulang secara terus menerus bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mempragakan ragam-ragam tari sa’a. Sedangkan pada tahap akhir mahasiswa mementaskan tari sa’a dengan menggunakan busana adat Nagekeo. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode drill sangat efektif dalam pembelajaran tari tradisional sa’a Nagekeo kepada mahasiswa semester 1 minat tari program studi pendidikan sendratasik unwira Kupang karena metode ini lebih menekankan kepada latihan berulang-ulang pada sa’at mahasiswa mengalami kesulitan dalam mempragakan tari Sa’a.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tari Sa’a, Metode Dril, Mahasiswa, Sendratasik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:27
Last Modified: 16 Nov 2022 00:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10065

Actions (login required)

View Item View Item