Profil Penyesuaian Sosial Siswa Di Sekolah Dan Implikasinya Bagi Penyelenggaraan Bimbingan Pribadi-Sosial (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017)

RINDU, Aurelia Teresia L. (2017) Profil Penyesuaian Sosial Siswa Di Sekolah Dan Implikasinya Bagi Penyelenggaraan Bimbingan Pribadi-Sosial (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB I..pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (323kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah: a) Bagaimana profil penyesuaian sosial siswa kelas VIIID di SMP Negeri 4 Kupang Tahun pelajaran 2016/2017 ? b) Apa implikasinya bagi penyelenggaraan bimbingan pribadi-sosial pada siswa kelas VIIID di SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017 ? Tujuan penelitian ini adalah: a) untuk mengetahui profil penyesuaian sosial siswa kelas VIIID di SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017 ? b) untuk mengetahui implikasinya bagi penyelenggaraan bimbingan pribadi-sosial pada siswa kelas VIIID di SMP Negeri 4 Kupang Tahun pelajaran 2016/2017 ? Hasil analisis data penelitian tentang profil penyesuaian sosial siswa/i SMP Negeri 4 Kupang kelas VIIID tahun pelajaran 2016/2017 menunjukkan nilai µ minimal 164 dan nilai π maksimal 168. Rata-rata populasinya 164+168=332/2 = 166, berada pada kriteria 164 – 200. Dengan demikian profil penyesuaian sosial siswa kelas VIIID di SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017 termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas peneliti mengajukan saran kepada pihak-pihak yang terkait yaitu 1) Bagi Kepala Sekolah: diharapkan tetap mempertahankan dan meningkatkan kerja sama dengan semua pihak sekolah dalam membuat rancangan program bimbingan pribadi sosial di sekolah untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa. 2) Bagi Guru BK: diharapkan untuk meningkatkan kerja sama yang baik dengan wali kelas dan guru mata pelajaran agar dapat memperoleh dan mendapatkan informasi tentang siswa-siswi yang mengalami masalah untuk di tindak lanjuti dalam bimbingan pribadi sosial. 3) Bagi Guru mata pelajaran: diharapkan untuk mendukung bimbingan pribadi sosial agar berjalan baik demi kepentingan siswa-siswi. 4) Bagi Siswa: diharapkan untuk memanfaatkan layanan bimbingan konseling yang disediakan di sekolah sehingga dapat mencegah masalah-masalah pribadi-sosial dan meningkatkan penyesuaian sosial di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 14 Dec 2019 01:43
Last Modified: 14 Dec 2019 01:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1007

Actions (login required)

View Item View Item