Pembelajaran Vokal Dengan Lagu Model” Kidung Sabdamu” Menggunakan Metode Drill Pada Paduan Suara Sekami Wilayah II Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui-Kupang

OSE, Maria Anjelina (2016) Pembelajaran Vokal Dengan Lagu Model” Kidung Sabdamu” Menggunakan Metode Drill Pada Paduan Suara Sekami Wilayah II Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui-Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

Menyanyi adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak Wilayah II Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui, dimana anak-anak SEKAMI biasanya melayani kebutuhan-kebutuhan di lingkup Gereja seperti melayani tanggungan koor pada hari minggu di gereja, dan sebagai wadah membangun jiwa rohani sekaligus mendekatkan diri kepada Tuhan dan Lewat kegiatan ini, anak-anak dapat mengembangkan potensinya dalam bernyanyi. Masalah dalam penelitian adalah Bagaimanakah upaya meningkatkan kualitas bernyanyi (vokal) yang baik dengan lagu model “Kidung SabdaMu” menggunakan metode drill pada paduan suara anak-anak SEKAMI di Wilayah II Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui Kupang. Tujuan yang ingin di capai oleh penulis adalah: Untuk mengetahui langkahlangkah yang di tempuh dalam meningkatkan keterampilan vokal dengan lagu model “Kidung SabdaMu” menggunakan metode drill pada paduan suara anak-anak SEKAMI di Wilayah II Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan lapangan, jenis penelitian ini bersifat kualitatif. Untuk memperoleh data di gunakan tekik-teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukan bahwa proses pembelajaran vokal pada SEKAMI Wilayah II Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui ditempuh melalui beberapa langkah. Pertemuan pertama diisi dengan kegiatan menjelaskan vokal dan teknik vokal,selanjutnya anak-anak di latih membidik nada berdasarkaan nilai nada, tinggi nada (intonasi) dan melatih artikulasi yang baik. Pertemuan kedua diisi dengan Melatih membaca notasi yang ada dalam teks lagu Kidung Sabdamu selanjutnya membaca syair, proses ini dilakukan secara berulang-ulang sampai mereka benar-benar menguasainya. Pertemuan ketiga diisi dengan menyanyikan lagu Kidung Sabdamu dengan diiringi sebuah keyboard. Analisis hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode drill merupakan metode yang efektif sebagai model pembelajaran keterampilan vokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: vokal, paduan suara, SEKAMI, metode drill.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:34
Last Modified: 16 Nov 2022 00:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10072

Actions (login required)

View Item View Item