Analisis Penatausahaan Aset Tetap Pada Pemerintah Daerah Kota Kupang Tahun Anggaran 2015-2016 (Studi Kasus Pada Badan Keuangan Daerah Kota Kupang)

LASI, Maria Sophia Evilin (2018) Analisis Penatausahaan Aset Tetap Pada Pemerintah Daerah Kota Kupang Tahun Anggaran 2015-2016 (Studi Kasus Pada Badan Keuangan Daerah Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
BAB IV GAMBARAN UMUM PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (100kB)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) apa saja faktor penyebab penatausahaan aset tetap Pemerintah Daerah Kota Kupang tidak berjalan dengan baik? dan (2) bagaimana upaya atau strategi Pemerintah Daerah Kota Kupang dalam melaksanakan penatausahaan aset tetap yang baik? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui faktor-faktor apa saja yang menimbulkan penatausahaan aset tetap pada pemerintah daerah kota kupang tidak berjalan dengan baik dan (2) mengetahui upaya atau strategi Pemerintah Daerah Kota Kupang dalam melaksanakan penatausahaan aset yang baik. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penatausahaan aset tetap Pemerintah Daerah Kota Kupang terdiri dari proses pembukuan, inventaris, dan pelaporan tidak berjalan dengan baik. Faktor-faktor yang menyebabkan penatausahaan aset tetap pada Pemerintah Daerah Kota Kupang tidak berjalan dengan baik adalah (1) sumber daya manusia yang kurang kompeten sehingga kurang memahami betul pentingnya penatausahaan (2) Dasar hukum yang belum dipatuhi dan diterapkan dengan baik oleh pengurus barang (3) terjadi penumpukan aset pada ruangan kerja kantor induk bidang akuntansi dan aset, (4) keterbatasan dokumen pendukung aset tetap terutama aset perolehan lama yang sulit ditelusuri sehingga menyebabkan penatausahaan Pemerintah Daerah Kota Kupang tidak berjalan dengan baik. Upaya atau strategi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Kupang dalam meningkatkan penatausahaan aset tetap adalah (1) Melakukan pelatihan Bimtek kepada pengurus barang yang kurang memahami tentang penatausahaan aset tetap terutama pada pengurus barang baru (2) memperbaiki sistem administrasi untuk penilaian Badan Pemeriksa Keuangan (3) memberikan sosialiasi kepada masingmasing pengurus barang agar dapat mematuhi aturan yang berlaku (4) memberikan motivasi atau semangat kerja bagi para pegawai. Dengan demikian dilihat dari analisis tersebut, maka disarankan: Badan Keuangan Daerah Kota Kupang dapat melaksanakan penatausahaan aset tetap yang baik agar pengelolaan aset daerah dapat berjalan dengan baik dan bisa mempengaruhi penilaian dari Badan Pemeriksa Keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penatausahaan, Aset Tetap
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:39
Last Modified: 16 Nov 2022 00:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10078

Actions (login required)

View Item View Item