Upaya Meningkatkan Ekspresi Dalam Melakonkan Tokoh Drama “Kebaikan Hati Mawar” Dengan Menggunakan Metode Drill Pada Siswa-Siswi Kelas VII SMPK St. Yoseph Naikoten II Kupang

SERAN, Stefania (2016) Upaya Meningkatkan Ekspresi Dalam Melakonkan Tokoh Drama “Kebaikan Hati Mawar” Dengan Menggunakan Metode Drill Pada Siswa-Siswi Kelas VII SMPK St. Yoseph Naikoten II Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)

Abstract

Seni drama merupakan salah satu cabang seni yang terdapat dalam mata pelajaran seni budaya Sekolah Menengah Pertama. Ada banyak cabang seni yang dipelajari baik secara teori maupun praktek termasuk seni drama. Tak sedikit pelajar yang punya minat dan bakat di bidang seni drama, mereka sudah memiliki kemampuan dalam melakonkan drama, hanya saja mereka perlu mempelajari lagi keterampilan berekspresi saat melakonkan drama. Dalam kenyataannya, ekspresi yang ditunjukkan kurang sesuai dan mendalam karena mereka masih terlalu fokus pada hafalan dialog dalam naskah drama sehingga mengesampingkan ekspresi. Melihat kenyataan ini maka peneliti mengambil judul skripsi “Upaya Meningkatkan Ekspresi dalam Melakonkan Tokoh Drama “Kebaikan Hati Mawar” dengan Menggunakan Metode Drill pada Siswa-siswi Kelas VII SMPK ST. Yoseph Naikoten II Kupang”. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan bermain drama khususnya ekspresi dalam melakonkan tokoh drama Kebaikan Hati Mawar pada siswa-siswi kelas VII SMPK ST. Yoseph Naikoten II Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan keterampilan bermain drama khususnya ekspresi dalam melakonkan tokoh drama. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode penelitian tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti meliputi Studi Pustaka, dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan bermain drama khususnya ekspresi dalam melakonkan tokoh drama Kebaikan Hati Mawar pada siswasiswi kelas VII SMPK ST. Yoseph Naikoten II Kupang dilaksanakan dalam beberapa tahap yakni, pembagian naskah drama, pembagian peran, latihan dialog tanpa ekspresi, latihan dialog dan ekspresi, latihan pemantapan ekspresi, latihan pementasan drama secara keseluruhan dan pementasan. Proses penelitian menghadapi masalah-masalah seperti siswa lambat dalam menghafal naskah drama, kurang disiplin dalam latihan, ekspresi masih monoton. Peneliti kemudian melakukan upaya untuk mengatasi masalah di atas yakni memberi motivasi dan melakukan latihan secara berulang-ulang. Peran-peran dalam drama Kebaikan hati mawar; peran protagonis adalah peran yang baik, tenang dan ia sangat peduli dengan orang yang membutuhkan pertolongan sedangkan peran antagonis adalah peran yang yang egois, tidak peduli dan sangat kasar, tritagonis juga merupakan salah satu peran yang dibutuhkan dalam drama ini, ia sebagai peran pendamai, yang peduli, bijaksana dan baik hati. Data yang diperoleh dari proses peningkatan ekspresi dalam bermain drama selanjutnya diolah untuk memahami jalannya proses penelitian sebagai bentuk upaya meningkatkan keterampilan berekspresi dalam melakonkan tokoh drama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Drama, ekspresi, metode drill.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:42
Last Modified: 16 Nov 2022 00:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10079

Actions (login required)

View Item View Item