Penerapan Teknik Petikan Tirando Dalam Permainan Gitar Irama Waltz Untuk Mengiringi Lagu “Desaku “ Bagi Siswa–Siswi Minat Gitar SMPK Adisucipto Kupang Melalui Metode Meniru Dan Metode Drill

SUBAN, Fransiskus R. K. (2016) Penerapan Teknik Petikan Tirando Dalam Permainan Gitar Irama Waltz Untuk Mengiringi Lagu “Desaku “ Bagi Siswa–Siswi Minat Gitar SMPK Adisucipto Kupang Melalui Metode Meniru Dan Metode Drill. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)

Abstract

Pembelajaran seni musik khususnya pada “Penerapan Teknik Petikan Tirando Dalam Permainan Gitar Irama Waltz Untuk Mengiringi Lagu Desaku Bagi Siswa-Siswi Minat Gitar SMPK Adisucipto Kupang Melalui Metode Meniru Dan Metode Drill”, dapat dikatakan sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan bakat dan keterampilan siswa dalam bermain gitar, serta untuk membentuk kepribadian siswa khususnya dari segi minat dan bakatnya. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam menerapkan teknik petikan tirando pada permainan gitar irama waltz untuk mengiringi lagu desaku bagi siswa-siswi minat gitar SMPK Adisucipto melalui metode meniru dan metode drill. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam menerapkan teknik petikan tirando pada permainan gitar irama waltz untuk mengiringi lagu desaku bagi siswa-siswi minat gitar SMPK Adisucipto melalui metode meniru dan metode drill. Penelitian ini bersifat kualitatif dan metode yang digunakan adalah penelitian tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, proses pembelajaran dilakukan melalui langkahlangkah sebagai berikut: Penerapan teknik petikan tirando pada senar terbuka (tanpa menekan akor), penerapan penjarian tangan kiri saat menekan akor, penggabungan teknik menekan akor sambil tangan kanan memainkan teknik petikan tirando untuk mengiringi lagu Desaku. Tahap akhir meliputi pementasan hasil penelitian. Hasil yang ditampilkan peserta didik pada tahap akhir, membuat peneliti merasa cukup puas karena masing-masing peserta didik bisa mengiringi lagu Desaku menggunakan teknik petikan tirando dengan benar seperti yang diajarkan oleh peneliti. Semua kendala yang dihadapi para peserta didik bisa diatasi karena masing-masing peserta didik mendengarkan dan melakukan setiap solusi, saran, dan masukan yang diberikan oleh peneliti sehingga mereka berhasil menampilkan hasil dari latihan mereka selama proses pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik petikan tirando, lagu Desaku, metode meniru dan metode drill.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:50
Last Modified: 16 Nov 2022 00:50
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10085

Actions (login required)

View Item View Item