Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dan Dana Alokasi Umum (DAU) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Belu Periode Tahun 2003-2016

TODOK, Nikolaus S. (2018) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dan Dana Alokasi Umum (DAU) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Belu Periode Tahun 2003-2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (360kB)

Abstract

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1)Seberapa besar pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Belu? 2) Seberapa besar pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Belu?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendapatan asli daerah dan dana alokasi umum terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Belu Periode Tahun 2003-2016. Penelitian ini mengkaji tentang pendapatan asli daerah dan dana alokasi umum dari tahun 2003-2016 dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi. Analisis yang di gunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi umum Terhadap Pertumbuhan Ekonomi digunakan analisis regresi linier berganda,dengan menggunakan data time series selama 14 tahun (2003-2016). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendapatan Asli daerah dan Dana Alokasi Umum memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi sebesar 0,434771 lebih besar dari nilai probabilitas signifikansinya 0,05 kesimpulannya H0 ditolak artinya secara simultan Pendapatan Asli daerah dan Dana Alokasi Umum berpengaruh terhadap Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Belu. Jika PAD dan DAU mengalami peningkatan maka pertumbuhan ekonomi juga akan mengalami peningkatan namun jika PAD dan DAU mengalami penurunan maka pertumbuhan ekonomi akan ikut menurun pula akantetapi PAD dan DAU bukan menjadi indicator utama penentu pertumbuhan ekonomi. Dari hasil analisis data di ketahui persamaan regresi Y = -0,815 + 0,067X1+ 0,004X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendapatan Asli daerah dan Dana Alokasi Umum memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Pendapatan Asli Daerah memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi di bandingkan dengan Dana Alokasi Umum.Hal ini disebabkan karena pendapatan asli daerah merupakan salah satu faktor penentu peningkatan Pertumbuhan Ekonomi, sedangkan dana alokasi umum berupa penentu pertumbuhan terhadap daerah sehingga tidak menjadi penentu pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Pertumbuhan Ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:56
Last Modified: 16 Nov 2022 00:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10088

Actions (login required)

View Item View Item