Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Kupang

AGUS, Eleonoralina (2018) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (286kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaiamana persepsi responden terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi nilai informasi pelaporan keuangan pemerintah daerah Kota Kupang? (2) Apakah kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian intern, dan pengawasan keuangan daerah secara parsial berpengaruh terhadap nilai informasi pelaporan keuangan pemerintah daerah? (3) Apakah kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian intern, dan pengawasan keuangan daerah secara simultan berpengaruh terhadap nilai informasi pelaporan keuangan pemerintah daerah? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui persepsi responden terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi nilai informasi pelaporan keuangan pemerintah daerah Kota Kupang (2) untuk menganalisis pengaruh kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian intern dan pengawasan keuangan daerah secara parsial terhadap nilai informasi pelaporan keuangan pemerintah daerah (3) untuk menganalisis pengaruh kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian intern dan pengawasan keuangan daerah secara simultan terhadap nilai informasi pelaporan keuangan pemerintah daerah. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data menurut sifat, yakni data kuantitatif dan data kualitatif dan jenis data menurut sumber yakni data primer dan data skunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian intern, dan pengawasan keuangan daerah terhadap nilai informasi pelaporan keuangan daerah berada dalam kategori baik. Kedua, kualitas sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai informasi pelaporan keuangan dan sistem pengendalian intern dan pengawasan keuangan daerah tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai informasi pelaporan keuangan pemerintah daerah. Ketiga, kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian intern dan pengawasan keuangan daerah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai informasi laporan keuangan. Dengan demikian disarankan untuk lebih mengoptimalkan sistem pengendalian intern serta untuk terus meningkatkan pengawasan keuangan daerah sehingga dapat meningkatkan keandalan pelaporan keuangan pemerintah daerah Kota Kupang dan membantu mengurangi resiko kesalahan material.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Laporan keuangan pemerintah daerah, nilai informasi, kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian intern, pengawasan keuangan daerah.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:01
Last Modified: 16 Nov 2022 01:01
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10092

Actions (login required)

View Item View Item