Analisis Penatausahaan Aset Tetap Peralatan Dan Mesin Pada Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur Menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016

BENGU, Ketlyn Gayatri Varda Lena (2018) Analisis Penatausahaan Aset Tetap Peralatan Dan Mesin Pada Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur Menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (80kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penatausahaan aset tetap peralatan dan mesin pada Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2017 sudah sesuai dengan Permendagri No. 19 Tahun 2016? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penatausahaan aset tetap peralatan dan mesin pada Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur apakah sudah sesuai dengan Permendagri No. 19 Tahun 2016. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dalam bentuk wawancara dan data sekunder yaitu data yang bersumber dari Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur berupa data inventaris Aset tetap dan Laporan Keuangan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, Pertama, Penatausahaan Aset Tetap Peralatan dan Mesin dalam aspek Pembukuan pada Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur telah sesuai dengan Permendagri No. 19 Tahun 2016. Kedua, Penatausahaan inventarisasi barang milik daerah yang berada pada penguasaan Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur dapat disimpulkan sudah sesuai dengan ketentuan yang diatur pada Permendagri No. 19 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah. Ketiga, Penatausahaan laporan barang milik daerah yang berada pada penguasaan Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur dapat disimpulkan sudah sesuai dengan ketentuan yang diatur pada Permendagri No. 19 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, dengan catatan adanya kekurangan daftar rincian perolehan barang yang berasal dari Dana BOS 2017 yang merupakan permasalahan yang harus segera diselesaikan dan dilengkapi oleh pihak Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Saran bagi institusi pemerintah adalah pembuatan laporan aset tetap harus dibuat secara lengkap dan terperinci. Adanya kekurangan daftar rincian perolehan aset tetap Peralatan dan Mesin yang berasal dari Dana BOS merupakan permasalahan yang harus segera diselesaikan dan dilengkapi oleh pihak Dinas Pendidikan serta dapat dipertimbangkan penambahan jumlah dan kualitas tenaga/staff dalam lingkup kerja Dinas Pendidikan yang dapat membantu pengurus barang pengguna agar tidak terjadi kekurangan dan keterlambatan dalam pembuatan laporan sebagai dukungan terhadap akuntabilitas dari laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penatausahaan Aset Tetap Peralatan dan Mesin
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
J Political Science > JS Local government Municipal government
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:09
Last Modified: 16 Nov 2022 01:09
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10098

Actions (login required)

View Item View Item