Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIII C SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018

WEA, Titus Oswin Tue (2017) Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIII C SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
File Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
File BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
File BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
File BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
File BAB V.pdf

Download (51kB)

Abstract

Pendekatan kontekstual adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menghubungkan materi yang dipelajari dengan situasi nyata sehingga mendorong peserta didik untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan “untuk menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual materi pokok pesawat sederhana”. Secara spesifik tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual 2) mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan kontekstual 3) mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan kontekstual 4) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajan dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subyek penelitian peserta didik kelas VIIIC SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang yang berjumlah 27 orang. Subjek penelitian peserta didik dipilih berdasarkan teknik purposive sampling (sampel bertujuan), ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB), ketuntasan Hasil Belajar, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian perencanaan dan evaluasi pembelajaran, dan lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual, Tes Hasil Belajar, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, analisis ketuntasan indikator hasil belajar, analisis ketuntasan hasil belajar, analisis respon peserta didik. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual adalah baik dengan skor rata-rata 3,57. Sebelas indikator hasil belajar yang disiapkan semuanya tuntas dengan rata-rata proporsi ≥ 0,75. Hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif semuanya tuntas dengan proporsi rata-rata 0,87. Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran memiliki kategori yang sangat baik dengan persentase rata-rata yang diperoleh 0,98. Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat diterapkan dengan baik pada peserta didik kelas VIIIC SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang materi pokok pesawat sederhana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kontekstual, Pesawat Sederhana, Penerapan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:15
Last Modified: 16 Nov 2022 01:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10101

Actions (login required)

View Item View Item