Memperkenalkan Gerak Tari Kreasi Bagi Cheerleaders Kelompok Drum Band SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang Diiringi Irama Mars Lagu Bangun Pemudi Pemuda Meggunakan Metode Meniru Dan Metode Drill

NIRON, Yohanita A. S. (2016) Memperkenalkan Gerak Tari Kreasi Bagi Cheerleaders Kelompok Drum Band SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang Diiringi Irama Mars Lagu Bangun Pemudi Pemuda Meggunakan Metode Meniru Dan Metode Drill. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (823kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (133kB)

Abstract

Cheerleaders adalah perpaduan gerakan dinamis senam, tari, akrobatik, dan sorak-sorai untuk memberi semangat tim olahraga yang sedang bertanding. Selain dalam olahraga, Cheerleaders juga ditampilkan bersamaan dengan drum band ketika pawai ataupun kegiatan lainnya, dimana Cheerleaders merupakan salah satu factor pendukung dalam drum band. Fungsi utama dari Cheerleaders yaitu membuat fisualisasi berdasarkan bunyi. Mereka yang tergabung dalam anggota Cheerleaders disebut cheers. Para cheers dalam permainan drum band selalu menarikan sesuai irama musik dan banyaknya lagu yang dimainkan. Melihat kennyataan ini, peneliti mengambil judul memperkenalkan gerak tari kreasi bagi Cheerleaders kelompok drum band SMPK St. Yoseph naikoten kupang diiringi irama mars lagu “bangun pemudi pemuda” meggunakan metode meniru dan metode drill. Dalam penulisan ini, peneliti membatasi pokok permasalahan yang diteliti dan dibahas yaitu bagaimana proses memperkenalkan gerak tari kreasi bagi anggota Cheerleaders kelompok drum band SMPK St. Yoseph naikoten kupang. Adapun tujuan dalam penulisan ini yaitu agar dapat mengukur efektifitas metode meniru dan metode drill dalam memperkenalkan gerak tari kreasi bagi Cheerleaders. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode penelitian tindakan lapangan. Proses latihan yang dilakukan melalui beberapa tahap, dimana dimulai dari perekrutan siswi minat tari yang didapat sebanyak 15 orang, kemudian dilanjutkan dengan tahap awal yaitu pengenalan tentang metode meniru dan metode drill dan konsep dalam penampilan Cheerleaders. Tahap inti yaitu peneliti melaksanakan tahap latihan ragam gerak tari kreasi bagi anggota Cheerleaders. Tahap akhir yaitu tahap dimana anggota Cheerleaders melakukan presentasi hasil akhir. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa selama penelitian berlangsung didapatkan pengeluhan dari beberapa anggota, ada anggota yang mudah menghafal dan ada anggota lain yang sulit menghafal gerakan tetapi semuannya dapat diatasi dengan baik oleh peneliti. Semua tahap dilakukan dengan cara meniru dan dilakukan dengan cara berulang-ulang sampai anggota Cheerleaders dapat memahami dan menghafal gerak dengan baik. Hasil analisis data menunjukan bahwa anggota Cheerleaders mampu menguasai dan mampu melakukan gerakan-gerakan yang sudah dilatih dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cheerleaders, tari kreasi, metode meniru dan metode drill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:16
Last Modified: 16 Nov 2022 01:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10102

Actions (login required)

View Item View Item