Peningkatan Kemampuan Siswa-Siswi Minat Drama SMPK St.Yoseph Naikoten 2 Kupang Dalam Melakonkan Tokoh Drama Berjudul Indahnya Persahabatan Menggunakan Metode Role Playing

WATU, Natalia Titu (2016) Peningkatan Kemampuan Siswa-Siswi Minat Drama SMPK St.Yoseph Naikoten 2 Kupang Dalam Melakonkan Tokoh Drama Berjudul Indahnya Persahabatan Menggunakan Metode Role Playing. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (899kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (120kB)

Abstract

Drama adalah salah satu materi yang terdapat pada mata pelajaran seni budaya sekolah menengah pertama di kelas VII dan mata pelajaran bahasa Indonesia pada kelas VIII. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakonkan tokoh drama atau bermain drama tentu sekolah harus mengadakan kegiatan ekstrakurikuler agar siswa yang minat drama dapat berlatih atau mengolah kemampuan berakting mereka secara serius. Melihat hal ini peneliti melakukan kegiatan penelitian dengan judul “peningkatan kemampuan siswa siswi minat drama SMPK St.Yoseph Naikoten 2 Kupang dalam melakonkan tokoh drama berjudul Indahnya Persahabatan menggunakan metode role playing”, dengan permasalahannya bagaimana efektivitas metode role playing untuk meningkatkan kemampuan siswa melakonkan tokoh dalam drama serta bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode role playing sebagai bentuk usaha penulis untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakonkan tokoh dalam drama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah penelitian tindakan lapangan sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan siswa siswi minat drama SMPK St.Yoseph Naikoten 2 Kupang dalam melakonkan tokoh drama berjudul Indahnya Persahabatan menggunakan metode role playing, dapat dilakukan dengan melalui tahap-tahap berikut ini: perekrutan siswa minat drama, pembagian teks drama,penjelasan teks drama secara terperinci mulai dari judul, isi drama, tokoh-tokoh dalam drama, penentuan peran, latihan drama secara bertahap mulai dari penghafalan teks drama, latihan ekspresi dan gerak dramatis. Setiap kali selesai latihan peneliti bersama siswa melakukan evaluasi singkat dan membahas nilai yang ada dalam drama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Drama, siswa-siswi, metode role playing, evaluasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > ML Literature of music
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:19
Last Modified: 16 Nov 2022 01:19
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10104

Actions (login required)

View Item View Item