Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pabrik Tahu Pink Jaya Oebufu-Kupang

MUDE, Maria Satima (2022) Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pabrik Tahu Pink Jaya Oebufu-Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (864kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (510kB)

Abstract

Tingginya persaingan penjualan antar pabrik dan penurunan penjualan tahu selama 2 tahun terakhir mengindikasikan adanya sumber daya usaha yang belum dioptimalkan pihak manajemen termasuk kualitas produk, harga, dan promosi. Untuk itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui gambaran persepsi konsumen tentang kualitas produk, harga, promosi dan keputusan pembelian, dan untuk mengetahui signifikan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat baik secara simultan maupun parsial. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Tahapan analisis data diawali dengan uji validitas dan reliabilitas dan dilanjutkan dengan analisis deskriptif serta analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis statistik hingga penentuan nilai koefisien determinasi (R2). Hasil analisis data menyimpulkan bahwa persepsi konsumen tentang Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Keputusan Pembelian adalah sangat baik. Hal ini didasarkan pada hasil analisis deskriptif terhadap keseluruhan variabel dimana rata-rata kategori persepsi responden terhadap Kualitas Produk adalah 87.40, Harga dengan rata-rata 86.72, Promosi dengan rata-rata 85.38, Keputusan Pembelian dengan rata-rata 85,38. Secara parsial variabel Kualitas Produk, Harga, dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian yang dibuktikan dari hasil uji t X1 dengan nilai signifikansi sebesar 0.008, uji t X2 dengan nilai signifikansinya sebesar (-0.881), dan uji t X3 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000. Keseluruhan hasil uji t lebih kecil dari tingkat alfa yang digunakan yaitu 0.05 (5%). Oleh karena itu, disimpulkan bahwa secara parsial kedua variable bebas Kualitas Produk dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan Harga berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan, hasil uji simultan (uji F), diperoleh nilai signifikansi 0.000 yakni lebih kecil dari tingkat alfa yang ditetapkan yaitu 0.05 (5%) dan diketahui pula ketiga variabel bebas secara simultan mempengaruhi variabel Keputusan Pembelian (Y) sebesar 51.50%, dan 48.50% lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan atau diukur dalam penelitian ini. Berdasarkan kesimpulan di atas, diharapkan agar manajemen Pabrik Tahu Pink Kupang perlu meningkatkan kualitas tahu agar ada kesesuaian antara harga yang diberikan dengan kualitas tahu yang diterima oleh konsumen, meninjau kembali kesesuaian antara harga yang diberikan dengan kualitas tahu, menerapkan model promosi lainnya utamanya dengan memanfaatkan media digital yang saat ini mampu menjangkau seluruh masyarakat, dan melakukan identifikasi faktor-faktor keunggulan yang dimilikinya untuk dapat dipertahankan atau ditingkatkan dalam rangka menarik minat beli konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M MARIA SATIMA MUDE
Date Deposited: 17 Nov 2022 00:07
Last Modified: 17 Nov 2022 00:07
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10110

Actions (login required)

View Item View Item