Analisis Pengaruh Sumber Daya Manusia Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Dinas Pendapatan Pengeloaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ngada

RIE, Klaudiana Bue (2016) Analisis Pengaruh Sumber Daya Manusia Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Dinas Pendapatan Pengeloaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ngada. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (399kB)

Abstract

Klaudiana Bue Rie (33112048) “ Analisis Pengaruh Sumber Daya Manusia dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Lpaoran Keuangan Dinas Pendapatan Pengeloaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Ngada ” dibawah bimbingan Ibu Yolinda Yanti Sonbay, SE.M.Sc selaku pembimbing I dan Bapak Simon Sia Niha, SE.M.Si selaku pembimbing II. Laporan Keuangan Pemerintah Daerah harus mengikuti standar Akuntansi Pemerintahan sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.71 Tahun 2010. Tujuan diberlakukannya hal tersebut adalah agar lebih accountable dan semakin diperlukanya peningkatan kualitas laporan keuangan. Masalah dan tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui gambaran serta pengaruh kualitas sumber daya manusia (SDM) dan sistem pengendalian intern (SPI) secara parsial dan simultan terhadap kualitas informasi laporan keuangan Dinas Pendapatan Pengeloaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ngada. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai yang bekerja pada Dinas PPKAD Kabupaten Ngadayang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan sebanyak 30 eksemplar kuesioner kepada responden yang bekerja pada Dinas PPKAD. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analsisis deskriptif menggambarkan capain indikator variabel kualitas sumber daya manusia (SDM) tidak baik sedangkan variabel sistem pengendalian intern (SPI) hasilnya baik. Hasil uji t dan Uji F menunjukan kualitas sumber daya manusia (SDM) secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan sedangkan Sistem pengendalian Intern (SPI) secara simultan mempengaruhi kualitas laporan keuangan namun secara parsial sistem pengendalian intern berpengaruh positif tetapi nilainya tidak signifikan karena nilainya lebih besar dari 0.05 yaitu 0.267. Hasil analisis juga menunjukan nilai koefisien determinasi (R²) variabel independen dalam penelitian ini mempengaruhi variabel dependennya sebesar 32.2% sedangkan sisanya sebesarnya 67.8% dipengaruhi oleh variabel lainya yang tidak diuji dalam penelitian ini seperti faktor eksternal yang terdiri dari motivasi pempimpin, budaya organisasi dan faktor internal yang terdiri dari motivasi dari dalam diri pegawai. Berdasarkan hasil penelitian disarankan Dinas PPKAD Kabupaten Ngada sebaiknya terus meningkatkan sumber daya manusia dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang didukung dengan latar belakang pendidikan, pelatihan dan pengelaman yang cukup memadai agar dapat menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 17 Nov 2022 23:53
Last Modified: 17 Nov 2022 23:53
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10146

Actions (login required)

View Item View Item