Analisa Pemenuhan Kebutuhan Air Baku Untuk Kampus Unwira Penfui

BEONAY, Laurentius Andy W. (2019) Analisa Pemenuhan Kebutuhan Air Baku Untuk Kampus Unwira Penfui. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (657kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (165kB)

Abstract

Penyediaan air baku merupakan perhatian utama di banyak negara berkembang termasuk Indonesia, karena air merupakan kebutuhan dasar dan sangat penting untuk kehidupan dan kesehatan umat manusia. Dalam setiap aktivitasnya manusia mutlak membutuhkan air baku. Untuk itu diperlukan adanya penyediaan air baku yang secara kualitas memenuhi standar yang berlaku dan secara kuantitas maupun ketersediaan harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat disuatu wilayah sehingga aktivitas dapat berjalan dengan baik. Universitas Widya Mandira merupakan salah satu kampus yang ada di Kota Kupang. Penyediaan air bersih di kampus Universitas Widya Mandira secara umum pengelolaannya diatur oleh setiap fakultas, selama ini pemenuhan kebutuhan air baku diperoleh dari pemanfaatan tanki air yang dipesan dan dalam pemanfaatannya sebagian besar digunakan untuk memenuhi kebutuhan air pada kamar mandi/WC. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa trend jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun mengalami pertambahan yang menyebabkan kebutuhan air baku untuk setiap gedung juga mengalami peningkatan sedangkan jumlah bak penampung untuk masing-masing gedung kampus tetap sehingga jumlah air yang tersedia akan mengalami kekurangan. Jumlah mahasiswa untuk setiap gedung untuk 10 tahun kedepan yang terprediksi adalah gedung A: 3213 mahasiswa, B: 1910 mahasiswa, C: 2454 mahasiswa dan gedung D: 3987 mahasiswa.Sesuai SK-SNI Air Bersih, 1990 maka digunakan jumlah kebutuhan untuk satu orang mahasiswa dalam 1 hari adalah 10 liter maka didapat jumlah kebutuhan air untuk gedung gedung A: 36.945 liter/hari, B: 21.963 liter/hari, C: 28.217 liter/hari dan gedung D: 45.849 liter/hari.Kebutuhan tersebut dibandingkan dengan kapasitas bak penampung pada tiap gedung tujuannya untuk mengetahui apakah jumlah kebutuhan air tersebut dapat dipenuhi oleh volume air yang dapat ditampung oleh bak penampung tersebut. Berdasarkan hasi perbandingan diketahui bahwa ternyata hanya dua gedung yang dapat terpenuhi kebutuhan airnya untuk 10 tahun kedepan yaitu gedung A dan D sedangkan pada gedung B dan C kapasitas bak penampung tidak mampu mencukupinya. Karena itu maka dapat dilakukan pemenuhan air baku untuk setiap gedung. dengan memanfaatkan sumur bor selain memanfaatkan air dari sumur bor alternatif lainnya adalah dengan melakukan penjadwalan pemesanan air tanki yang disesuaikan dengan jumlah kebutuhan air harian untuk tiap gedung agar ketersediaan air dapat terus ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan Air Baku, Analisa Air Kampus, Proyeksi Mahasiswa, Analisa Kebutuhan Air Kampus, Air Bersih Kampus, Perbandingan Kebutuhan Air
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 17 Nov 2022 23:56
Last Modified: 17 Nov 2022 23:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10147

Actions (login required)

View Item View Item