Penerapan Metode Activity Based Costing System Dalam Menentukan Tarif Rawat Inap di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang

ATASOGE, Maria Sandra (2016) Penerapan Metode Activity Based Costing System Dalam Menentukan Tarif Rawat Inap di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (338kB)

Abstract

Maria Sandra Atasoge (33112002) “ Penerapan Metode Activity Based Costing System Dalam Menentukan Tarif RawatInap Di RSUD Prof.Dr.W.Z.Johannes Kupang” yang dibimbing oleh Bapak Drs. Ec. Sabinus Hatul, MM sebagai pembimbing I dan Salomon Leki,SE.MEc.Dev sebagai pembimbing II. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) berapakah tarif rawat inap setelah dihitung dengan menggunakan metode activity based costing system (ABCS) di RSUD Prof.DR.W.Z.Johannes Kupang dan 2) Apakah ada perbedaan besarnya tarif jasa rawat inap pada RSUD Prof.DR.W.Z.Johannes Kupang yang menggunakan metode akuntansi biaya tradisional (Unit Cost) dengan menggunakan metode ABCS. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui tarif rawat inap di RSUD Prof DR.W.Z.Johannes Kupang dengan menggunakan metode activity based costing system dan 2) untuk mengetahui perbandingan besarnya tarif jasa rawat inap pada RSUD Prof.DR.W.Z.Johannes Kupang dengan menggunakan metode Unit Cost dan metode ABCS. Jenis data yang digunakan adalah data menurut sumber dan data menurut sifat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Penelitian ini akan membandingkan antara metode ABCS dengan metode yang diterapkan di rumah sakit. Perhitungan biaya dengan menggunakan metode activity based costing system melalui dua tahap yaitu: tahap pertama mendokumentasikan data-data mengenai komponen-komponen biaya yang digunakan dalam perhitungan tarif rawat inap dan tahap yang kedua menghitung biaya rawat inap dengan cara pengumpulan biaya dalam cost pool yang memiliki aktivitas sejenis atau homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya tarif rawat inap dengan menggunakan metode ABC,untuk kelas Utama A Rp 579.321 Utama B Rp 579.492 Kelas I Rp 455.245 Kelas II Rp 327.656. Apabila dibandingkan dengan metode unit costuntuk Kelas Utama A Rp 468.000, Kelas Utama B 432.000, Kelas I Rp 264.000, Kelas II Rp 185.000, maka metode ABC memberikan hasil selisih yang lebih besar untuk setiap kelas, dengan selisih untuk kelas Utama A Rp 111.492, Utama B Rp 147.492, Kelas I Rp 191.245, dan Kelas II Rp 142.656. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan metode activity based costing system (ABCS) maka dapat dilihat bahwa tarif jasa rawat inap dengan menggunakan metode ABCS lebih besar jika di bandingkan dengan menggunakan metode unit cost. Oleh karena itu penulis menyarankan kepada pihak rumah sakit agar menggunakan metode activity based costing system karena perhitungan tarif dengan metode inilebih menguntungkan dan memberikan kontribusi yang cukup besar untuk proses pengembangan rumah sakit dan meningkatkan kapasitas pelayanan rumah sakit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Unit Cost; Activity Based Costing System; Tarif RawatInap
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 18 Nov 2022 00:09
Last Modified: 18 Nov 2022 00:09
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10157

Actions (login required)

View Item View Item