Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi NTT

NITBANI, Sandra Intan (2016) Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi NTT. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (741kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (105kB)

Abstract

Sandra Intan Nitbani, Nomor Registrasi 331 11 072, dengan judul skripsi “Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Belanja Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi NTT”. Dibawah bimbingan Rere Paulina Bibiana SE, M.Si selaku dosen pembimbing I dan M.E. Perseveranda SE, M.Si selaku dosen pembimbing II. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang dipisahkan dan Lainlain Pendapatan Asli Daerah yang Sah berpengaruh secara simultan terhadap Belanja Daerah? 2) Apakah Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang dipisahkan dan Lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang Sah berpengaruh secara parsial terhadap Belanja Daerah?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang dipisahkan dan Lainlain Pendapatan Asli Daerah yang Sah terhadap Belanja Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi NTT secara simultan. 2) Untuk mengetahui pengaruh Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang dipisahkan dan Lainlain Pendapatan Asli Daerah yang Sah terhadap Belanja Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi NTT secara parsial. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi NTT, Teknik Analisis Data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS (Statistical product and service solution) untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel bebas yang terdiri dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah terhadap variabel terikat yaitu belanja daerah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: 1) Pajak daerah berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap alokasi belanja daerah. 2) Retribusi daerah berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap alokasi belanja daerah. 3) Hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan berpengaruh positif dan signifikan terhadap alokasi belanja daerah 4) Lain-lain pendapatan yang sah berpengaruh positif tetapi signifikan terhadap alokasi belanja daerah. Saran yang diberikan adalah 1) Pemerintah Daerah diharapkan mampu mengefektifkan dan mengefesiensikan pemungutan pajak maupun retribusi pada subyek dan obyek yang sudah ada. 2) Melakukan usaha-usaha untuk meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dengan cara menjaring wajib pajak baru melalui pendataan dan pendaftaran baru. 3) Diharapkan pemerintah mampu meningkatkan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dengan cara merevisi Undang-undang hukum yang digunakan oleh BUMD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pajak Daerah Retribusi Daerah, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan, Lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang Sah dan Belanja Daerah.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:02
Last Modified: 18 Nov 2022 01:02
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10159

Actions (login required)

View Item View Item