Kontribusi Penerimaan Retribusi Parkir Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Kupang Tahum Anggaran 2015-2018

LEWUK, Lusiana Patrisiani Dego (2019) Kontribusi Penerimaan Retribusi Parkir Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Kupang Tahum Anggaran 2015-2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (165kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kontribusi penerimaan retribusi parkir terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kota Kupang? (2) Apa saja upaya yang telah di lakukan untuk meningkatkan PAD dari sektor retribusi parkir di kota Kupang? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kontribusi penerimaan retribusi parkir terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kota Kupang (2) Mendeskripsikan upaya untuk meningkatkan Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi Parttisipatif, dokumentasi dan wawancara. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh untuk mengukur besarnya kontribusi yang diberikan retribusi parkir daerah kepada Pendapata Asli Daerah. Berdasarkan hasil analisis yang telah dikemukakan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa penerimaan retribusi parkir belum memberikan kotribusi yang berarti bagi Pendapatan Asli Daerah Kota Kupang. Hal tersebut dapat dilihat pada data tahun 2015 di mana kontribusi penerimaan retribusi parkir terhadap penerimaan PAD baru mencapai 8,028 %. Demikian pula pada tahun 2016 kontribusi tersebut hanya mencapai 8,38%. Nilai kontribusi tersebut baru mengalami peningkatan pada tahun 2017 sebesar 9,096%, dan mengalami peningkatan lagi sampai tahun 2018 sebesar 11,29%. Namun demikian, jikalau dilihat secara keseluruhan, kontribusi penerimaan retribusi pasar terhadap penerimaan PAD baru mencapai 9,197% atau termasuk kategori sangat kurang. Dari hasil penelitian ini, disarankan agar: 1) Dinas Perhubugnan Kota Kupang perlu melakukan perbaikan sistem pengelolaan retribusi parkir. Hal tersebut bisa dilakukan melalui penetapan ulang target penerimaan berdasarkan standard minimal jumlah kunjungan kendaraan di setiap kawasan parkir, membina setiap pengelolah parkir agar dapat menertibkan setiap kawasan parkir dan perilaku juru parkir yang beroperasi di Kota Kupang. 2) Perlu adanya perubahan sistem tender jasa parkir, dengan merubah sistem yang biasa diterapkan dalam pelelangan pengelolaan kawasan parkir, yaitu menetapkan nilai kontrak berdasarkan besaran yang diajukan oleh calon pengelola dengan menetapkan nilai kontrak berdasarkan perhitungan minimal volume kendaraan yang memanfaatkan setiap kawasan parkir, dan 3) Dinas Perhubungan perlu mendata keberadaan sejumlah kawasan parkir liar yang muncul setiap tahun di Kota Kupang. Berdasarkan hasil pendataan tersebut bisa dilakukan pembinaan dan penetapan kesepakatan pengelolaan parkir sesuai prosedur yang berlaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah, Penerimaan Retribusi Pasar dan Kontribusi Penerimaan Retribusi Parkir Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:30
Last Modified: 21 Nov 2022 02:30
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10167

Actions (login required)

View Item View Item