Pengaruh Perputaran Kas Dan Perputaran Persediaan Terhadap Return On Investment (ROI) Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018-2020

TAE, Egidius Moruk (2022) Pengaruh Perputaran Kas Dan Perputaran Persediaan Terhadap Return On Investment (ROI) Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018-2020. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (866kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (429kB)

Abstract

Masalah yang terjadi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020, yaitu: perusahaan mengalami kerugian dan fluktuasi setiap tahun, masalah ini dilihat dari data laporan laba/rugi perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1). Bagaimana gambaran umum Return On Investment (ROI), Pertputaran Kas dan Perputaran Persediaan pada Sektor Aneka Industri di BEI periode 2018-2020? (2). Apakah Perputaran Kas berpengaruh signifikan terhadap Return On Investment (ROI) pada Sektor Aneka Industri di BEI periode 2018-2020? (3). Apakah Perputaran Persediaan berpengaruh signifikan terhadap Return On Investment (ROI) pada Sektor Aneka Industri di BEI periode 2018-2020? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Persediaan terhadap Return On Investment (ROI). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 perusahaan dan sampel 14 perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahun 2018- 2020 dari www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan Metode Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata Return On Investment (ROI), Perputaran Kas dan Perputaran Persediaan tertinggi dicapai oleh perusahaan Selamat Sempurna (SMSM). Hasil analisis linear berganda diperoleh persamaan Y= 2,622 + 0,108X1 + 0,478X2. Hasil uji t menunjukkan variabel Perputaran Kas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Retun On Invesment (ROI), sedangkan variabel Perputaran Persediaan tidak berpengaruh terhadap Retun On Invesment (ROI). Hasil uji F menunjukkan variabel Perputaran Kas dan Perputaran Persediaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Retun On Invesment (ROI). Hasil koefisien determinasi adalah 0,367 atau 36,7%, artinya variabel Retun On Invesment (ROI) pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia(BEI) merupakan kontribusi dari variabel Perputaran Kas dan Perputaran Persediaan. Selebihnya sebesar 63,3% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disarankan bahwa perusahaan manufaktur sektor aneka industri lebih teliti dalam pengelolaan aktiva perusahaan untuk memperoleh laba, khususnya perputaran kas dan perputaran persediaan, sehingga dapat menarik minat investor atau calon investor untuk melakukan investasi saham.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perputaran Kas, Perputaran Persediaan dan Return On Investment (ROI).
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Egidius Moruk Tae
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:06
Last Modified: 21 Nov 2022 03:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10178

Actions (login required)

View Item View Item