Analisis Pengelolaan Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pada Kelurahan Maulafa Kecamatan Maulafa Kota Kupang Tahun Anggaran 2015-2017

ROBIN, Yosef Paskalis (2019) Analisis Pengelolaan Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pada Kelurahan Maulafa Kecamatan Maulafa Kota Kupang Tahun Anggaran 2015-2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (195kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan Dana pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kelurahan Maulafa Tahun Anggaran 2015-2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Kelurahan Maulafa Tahun Anggaran 2015-2017. Penelitian ini dilakukan pada Kelurahan Maulafa Kecamatan Maulafa Kota Kupang. Jenis data yang di gunakan adalah jenis data yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1).Pengelolaan Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PEM) mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pelaporan, dan pertanggungjawaban pada Kelurahan Maulafa berdasarkan pada Petunjuk Pelaksanaan yang berlaku belum sepenuhnya baik karena dalam pengelolaannya masih terdapat kekurangan pada tahap-tahap pengelolaannya. 2).Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tunggakan dalam pengembalian Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PEM) yakni: faktor internal, yaitu: kurang pengawasan, kurang komunikasi antara Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan penerima Dana PEM, kurangnya sanksi yang diberikan kepada penerima yang menunggak serta faktor eksternal, yaitu: kondisi ekonomi penerima dana yang tidak menentu, kurangnya penegmbangan usaha masyarakat, pengembalian dana tidak sesuai dengan perjanjian. Berdasarkan kesimpulan diatas disarankan bagi Kelurahan Maulafa harus lebih teliti lagi dalam penyaluran dana kepada masyarakat agar dana yang tersalurkan tepat sasaran dan pengembaliannya tidak mengalami kendala dan Pihak Kelurahan harus tetap melakukan pendampingan serta pengawasan secara berkala kepada masyarakat penerima dana bergulir agar menggunakan dana tersebut secara tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Dana PEM dan Pengelolaan Dana PEM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:52
Last Modified: 21 Nov 2022 04:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10189

Actions (login required)

View Item View Item