Pengaruh Iklan, Word Of Mouth dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Diamond Game Mobile Legend pada Mahasiswa di Kota Kupang

NAJA, Yoseph Beniza Pawe (2022) Pengaruh Iklan, Word Of Mouth dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Diamond Game Mobile Legend pada Mahasiswa di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (931kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (499kB)

Abstract

Data Pengguna Mobile Legend Di Indonesia menunjukkan menurunnya pengguna game online tersebut pada tahun 2021. Begitu juga dengan pengguna game mobile legend dari kalangan mahasiswa di Kota Kupang. Ada yang tertarik dan tidak tertarik dengan pengaruh iklan, word of mouth, minat beli terhadap keputusan pembelian game mobile legend. Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran tentang Iklan, Word Of Mouth, Minat Beli dan Keputusan Pembelian Diamond game Mobile Legend pada mahasiswa Kota Kupang? (2) Apakah Iklan game Mobile Legend berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian diamond game mobile legend pada mahasiswa di Kota Kupang? (3) Apakah Word Of Mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian diamond mobile legend pada mahasiswa di Kota Kupang? (4) Apakah Minat Beli konsumen berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian diamond mobile legend pada mahasiswa di Kota Kupang? Penelitian dilakukan pada mahasiswa di 5 universitas di Kota Kupang, dengan populasi adalah konsumen yang menggunakan game mobile legend, dimana tidak diketahui secara pasti jumlahnya. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dari jumlah indikator yang digunakan sebanyak 15 indikator dan dikalikan 7, sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 105 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner melalui Google Form. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis Partial Least Square (PLS). Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel iklan sebesar 62% dengan kategori cukup baik, variabel Word Of Mouth sebesar 62% dengan kategori cukup baik, variabel minat beli sebesar 65% dengan kategori cukup baik, dan variabel keputusan pembelian sebesar 61% kategori cukup baik. Analisis statistik yaitu dengan uji persamaan struktural berbasis variance. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Word Of Mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan minat beli berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai Koefisien determinasi (R²) menunjukkan kontribusi variabel iklan, Word Of Mouth, dan minat beli terhadap keputusan pembelian adalah 80,1%. Sisanya 19,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, disarankan kepada perusahaan game mobile legend, agar menambah item yaitu skin untuk merubah tampilan hero (karakter) menjadi lebih cantik dalam tayangan iklan mobile legend dan meningkatkan kualitas grafik game mobile legend, sehingga bisa mempengaruhi mahasiswa di Kota Kupang untuk melakukan pembelian diamond pada game mobile legend.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Word Of Mouth, Minat Beli dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Yoseph Beniza Pawe Naja
Date Deposited: 21 Nov 2022 23:58
Last Modified: 21 Nov 2022 23:58
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10199

Actions (login required)

View Item View Item