Pengaruh Proporsi Sepeda Motor Terhadap Kecepatan Arus Lalu Lintas Pada Jalan Bermedian “Lokasi Studi Pada Ruas Jalan W.J Lalamentik Kota Kupang”

RAYDAIS, Maria E. (2019) Pengaruh Proporsi Sepeda Motor Terhadap Kecepatan Arus Lalu Lintas Pada Jalan Bermedian “Lokasi Studi Pada Ruas Jalan W.J Lalamentik Kota Kupang”. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (21kB)

Abstract

Sepeda motor di Indonesia merupakan moda transportasi yang mempunyai populasi tertinggi dibanding dengan moda lainnya. Kecelakaan dijalan yang melibatkan sepeda motor juga menduduki peringkat tertinggi dibandingkan dengan moda lainnya. Hal ini menimbulkan masalah kerugian material dan immaterial yang sangat besar. Sistem transportasi yang belum efektif, akibatnya sebagian masyarakat lebih memilih jenis moda sepeda motor untuk bertransportasi, karena sepeda motor dipandang mempunyai keunggulan dalam hal mobilitas, aksesibilitas, dan ekonomis, sehingga proporsi jumlah sepeda motor dijalanan saat ini mencapai 65%. Perubahan sistem transportasi jalan akibat tingginya jumlah pengguna sepeda motor dan perilakunya yang khas. Apabila tidak ditangani, sistem transportasi jalan dan kecelakaan akan lebih buruk lagi. Tulisan ini menunjukkan pengaruh jumlah sepeda motor dijalanan terhadap kecepatan kendaraan yang bisa dikembangkan oleh pengemudi, dan sekaligus model hubungan tersebut sebagai salah satu alternatif jawaban dalam menetapkan proporsi jumlah sepeda motor di jalanan. Hubungan variabel yang dimaksudkan, didapat dari jumlah setiap jenis kendaraan dan kecepatannya dalam setiap kurun waktu per-lima belas menit, data tersebut dikelompokkan dalam interval proporsi jumlah sepeda motor yaitu, model hubungan pengaruh proporsi sepeda motor terhadap kecepatan arus lalu lintas tersebut pada kondisi jam sibuk, lengang dan saat digabungkan tidak terlalu jauh perbedaannya artinya proporsi sepeda motor masi memberikan ruang yang cukup untuk kendaraan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Transportasi yang belum efektif, proporsi sepeda motor, perilaku sepeda motor, kecepatan, arus lalu lintas, jalan bermedian.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 23 Nov 2022 00:01
Last Modified: 23 Nov 2022 00:01
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10230

Actions (login required)

View Item View Item