PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI KINGDOM PLANTAE DI SMU SWASTA BINTANG TIMUR RUTENG TAHUN AJARAN 2011/2012

Sarong, Elisabet (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI KINGDOM PLANTAE DI SMU SWASTA BINTANG TIMUR RUTENG TAHUN AJARAN 2011/2012. Diploma thesis, Widya Mandira Catholic Univercity.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran dapat membantu guru dalam penguasaan kemampuan dan keterampilan yang berkaitan dengan upaya mengubah tingkah laku siswa sejalan dengan rencana yang telah ditetapkan. Hal ini berarti model pembelajaran diharapkan dapat berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, baik di kelas maupun di luar kelas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMU kelas X. Penelitian ini menerapkan penelitian terapan dengan analisis statistik deskriptif. Penelitian ini di laksanakan pada kelas X di SMU Swasta Bintang Timur Ruteng dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design, dengan metode analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh hasil penelitian: (i) Penerapan model pembelajaran koperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari Gain (perbedaan antara) pretest dan posttes hasil belajar siswa, di mana rata-rata Gainnya adalah 43,4. (ii) Guru mampu mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi pokok Kingdom Plantae (iii) rata-rata reliabilitasnya 97,5% (iv) proporsi ketuntasan indikatornya sebesar 0,87 (v) ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 41,6 menjadi 85 (terjadi peningkatan sebesar 43,4). Berdasrkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMU Swasta Bintang Timur Ruteng pada materi pokok Kingdom Plantae.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw, Hasil Belajar, dan Kingdom Plantae.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: ?? biologi ??
Depositing User: Walenta Sena
Date Deposited: 14 Aug 2017 02:39
Last Modified: 14 Aug 2017 02:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item View Item