Dampak Pembangunan Objek Wisata Pantai Motadikin Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Desa Fahiluka Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka

FRANS, Roberto (2019) Dampak Pembangunan Objek Wisata Pantai Motadikin Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Desa Fahiluka Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK_opt.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (47kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Dampak Pembangunan Obyek Wisata Pantai Motadikin Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Desa Fahiluka Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka. Masalah utama dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Dampak Pembangunan Obyek Wisata Pantai Motadikin Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Desa Fahiluka Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka? Dengan tujuan mendeskripsikan Dampak Sosial dan Ekonomi Pembangunan Obyek Wisata Pantai Motadikin Terhadap Masyarakat Di Desa Fahiluka Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka. Kerangka konseptual terdiri atas studi pustaka dan landasan teoritis terbagi lagi menjadi 5 (lima) bagian antara lain konsep dampak pembangunan obyek wisata,pembangunan wisata, obyek wisata, kondisi sosial ekonomi masyarakat, dan dampak pembangunan obyok wisata terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat di ekitar obyek wisata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis berdasarkan kenyataan-kenyataan yang ditemukan dilapangan. Teknik penentuan informan penelitian yang dilakukan dengan purposive sampling. Yang menjadi key person dalam penelitian ini antara lain: Kepala Desa, Penjaga Karcis, Pedagang, Tokoh Masyarakat, Pengunjung dan masyarakat Desa Fahiluka. Dampak Pembangunan Obyek Wisata Terhadap Kodisi Sosial Ekonomi yang dimaksud dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Dampak Sosial, adanya cenderung mengikuti cara berpakaian dari para pengunjung selain itu juga interaksi sosial masyarakat selalu menggunakan bahasa indonesia meski kebanyakan masyarakat tetap berbahasa tetun baik itu wisatawan lokal maupun masyarakat disekitar lokasi wisata obyek wisata pantai motadikin. (2) Dampak Ekonomi, berupamasyarakat bisa membuka usaha-usaha kecil dan keuntungannya digunakan untuk menyekolahkan anak mereka ke jenjang perguruan tinggi. Pemerintah harus mengupayakan perbaikan jalan agar lebih banyak lagi penggunjung dan pendapatan masyarakat yang berdagang penghasilannya semakin meningkat. (3) Dampak Terhadap Kesempatan Kerja, untuk penyerapan tenaga kerja belum terealisasi dengan baik karna pemerintah cenderung selalu mengambil alih dan masyarakat di Desa Fahiluka tidak dilibatkan dalam penyerapan tenaga kerja sehingga tidak bisa mengatasi angka pengangguran di Desa Fahiluka akibatnya banyak pemuda harus merantau untuk mencari kerja. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Dampak pembangunan obyek wisata terhadap kondisi sosial ekonomi diukur berdasarkan Dampak Sosial, Dampak Ekonomi, dan Dampak Terhadap Kesempatan Kerja akan membawa dampak yang baik bagi masyarakat di sekitar obyek wisata. Tentunya segalanya tidak akan terwujud tanpa bantuan Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa dan masyarakat sekitar obyek wisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembangunan obyek wisata, kondisi sosial ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:17
Last Modified: 23 Nov 2022 03:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10277

Actions (login required)

View Item View Item