Penerapan Pendekatan Sosiologis Perilaku Memilih Masyarakat Kelurahan Lasiana Kecamatan Kelapa Lima Pada Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur NTT

HANA, Ulrikus (2019) Penerapan Pendekatan Sosiologis Perilaku Memilih Masyarakat Kelurahan Lasiana Kecamatan Kelapa Lima Pada Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur NTT. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
I..ABSTRAKSI.pdf

Download (612kB)
[img] Text
II..BAB I.pdf

Download (136kB)
[img] Text
III..BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
IV..BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
V..BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
VI..BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
VII..BABVI.pdf

Download (146kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: Penerapan Pendekatan Sosiologis Perilaku Memilih Masyarakat Kelurahan Lasiana Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT 2018. Ada pun perumusan masalah adalah bagaimana Penerapan Pendekatan Sosiologis Perilaku Memilih Masyarakat Kelurahan Lasiana Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT 2018. Dalam penulisan ini konsep yang dijadikan alat analisis adalah pendekatan sosiologis yang menjelaskan karateristik sosial dan pengelompokan sosial berpengaruh signifikan dalam menentukan perilaku memilih sesorang. Karateristik sosial berupa pekerjaan dan pendidikan. Sedangkan latar belakang sosiologis berupa agama, etnis, wilaya, umur dan jenis kelamin. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Ada pun operasionalisasi variabel tentang penerapan pendekatan sosologis perilaku memilih masyarakat Kelurahan Lasiana Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT 2018 diukur berdasarkan karateristik sosial berupa jenis pekerjaan dan tingkat pendidikan serta pengelompokan sosial dengan aspek agama, etnis, wilayah, jenis kelamin dan umur. Hasil penelitian ternyata bahwa (1) latar belakang pekerjaan yang dimiliki oleh calon tidak berpengaruh terhadap pilihan politik masyarakat. Ada pun pendasaran yang dikemukakan oleh masyarakat bahwa bagi mereka pekekerjan bukanlah sesuatu yang penting untuk melihat kualitas dari calon gubernur dan wakil gubernur. Kedua, pendidikan berpengaruh terhadap pilihan politik masyarakat, Masyarakat menilai pendidikan yang dimiliki oleh bapak Viktor Bungtilu Laiskodat dan bapak Josep Nae Soi itu baik dan layak untuk memimpin daerah ini. Hubungan antara agama, etnis dan jenis kelamin dengan perilaku pemilih secara konseptual sangat menentukan, akan tetapi hasil penelitian menunjukkan masyarakat lebih mementingkan kinerja dan karakter kepemimpinan dari calon gubernur dan wakil gubernur. Keterikatan wilayah /kedaerahan berdasarkan hasil penelitian memiliki pengaruh yang kuat terhadap pilihan politik masyarakat. Hal ini terbukti berdasarkan rekapitulasi hasil wawancara ditemukan bahwa mereka memilih pasangan Viktory-Joss karena mereka memiliki latar belakang daerah yang sama dengan bapak Viktor Bungtilu Laiskodat yang merupakan representasi dari masyarakat Timor. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa factor pendidikan dan kesamaan wilayah menentukan pilihan masyarakat sedangakan factor agama, etnis dan jenis kelamin tidak mempengruhi pilihan masyarakat. Berdasarkan kesimpulan di atas disarankan para kandidat kepala daerah atau wakil kepala daerah pada pemilu harus lebih peka dalam menawarkan isu/program dan kebijakan yang menyentuh dengan kebutuhan masyarakat dari pada menggunakan isu agama, etnis dan kedaerahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karateristik sosial dan latar belakang sosiologis
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:18
Last Modified: 23 Nov 2022 03:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10278

Actions (login required)

View Item View Item