Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Kawasan Perbatasan RI-RDTL Di Desa Nilulat Kecamatan Bikomi Nilulat Kabupaten TTU

KEFI, Maria Gisela (2019) Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Kawasan Perbatasan RI-RDTL Di Desa Nilulat Kecamatan Bikomi Nilulat Kabupaten TTU. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KAWASAN PERBATASAN RI-RDTL Di Desa Nilulat Kecamatan Bikomi Nilulat Kabupaten TTU. Dengan masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peran Pemerintah Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Kawasan Perbatasan RI-RDTL Di Desa Nilulat Kecamatan Bikomi Nilulat Kabupaten TTU. Teori yag digunakan dalam penelitian ini adalah teori Pemberdayaan Masyarakat Kawasan Perbatasan RI-RDTL, yang mengacuh pada kesejahteraan masyarakat, dan keamanan di perbatasan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dengan memusatkan perhatian pada masalah-masalah yang diselidiki sebagaimana adanya. Guna memperoleh data yang akurat, maka aspek utama yang akan dioperasionalkan adalah lingkungan dan masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk data primer adalah melalui survey maupun observasi sedangkan untuk data sekunder adalah studi dokumentasi. Setelah semua data dikumpulkan maka selanjutnya data tersebut dianalisa dengan mengunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian di DesaNilulat bahwa pertama,pembangunan infrastruktur jalan . Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) belum ada pembangunan jalan, rumah layak huni, sedangkan untuk jembatan sudah ada. Pemerintah Desa Nilulat telah mengusulkan kepada Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat mengenai pembangunan infrastruktur di Desa Nilulat. (2) belum ada pembangunan menara jaringan (3) pemerintah telah membangun Pos Keamanan Perbatasan. Kedua, pembangunan dibidang Kesehatan. Menujukan bahwa (1)pemerintah telah membangun gedung Polindes tetapi pelayanannya kurang memuaskan. (2) penyediaan tenaga medis sudah menjawab kebutuhan masyarakat, sedangkan (3) kurangnya Penyediaan obat-obatan. Ini membuktikan bahwa masyarakat Desa Nilulat sangat kesusahan dan Ketiga, pembangunan di bidang Pendidikan. Menunjukkan bahwa, (1) mendirikan lembaga-lembaga sekolah dari TK-SMA, tetapi untuk TK dan SD sudah ada pembangunan sedangkan untuk SMP dan SMA belum ada pembangunan. (2) kurangnya pengadaan tenaga pengajar yang berkualitas dan professional. Berdasarkan kesimpulan maka disarankan agar, pemerintah jangan menutup jalan tikus karena dengan adanya jalan tikus dapat menguntungkan masyarakat karena mereka dapat menjual barangbarang dengan mudah dan berpergian dengan mudah ke negara tetangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat Kawasan Perbatasan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 23 Nov 2022 07:22
Last Modified: 23 Nov 2022 07:22
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10287

Actions (login required)

View Item View Item