Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Kelompok Penyandang Disabilitas Di Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang

NDORANG, Fransiskus X (2019) Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Kelompok Penyandang Disabilitas Di Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (120kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Kelompok Penyandang Disabilitas Di Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Masalah Pokok Bagaimanakah Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Kelompok Penyandang Disabilitas Di Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Teori yang digunakan dalam penulisan ini adalah teori pemberdayaan yang meliputi 3 aspek yaitu Aspek Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Aspek Pembagunan Sarana dan Prasarana Aksebilitas Kelompok Penyandang Disabilitas, dan Aspek Pendidikan dan Pemberdayaan Ekonomi Penyandang Disabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Kelompok Penyandang Disabilitas Di Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif, yaitu jenis penelitian yang menggambarkan dan menelaah tentang Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Kelompok Penyandang Disabilitas Di Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang, penelitian kualitatif yang dimaksudkan untuk melihat, mengetahui serta melukiskan keadaan yang sebenarnya secara rinci dan aktual dengan melihat masalah dan tujuan penelitian seperti yang telah diuraikan sebelumnya. Metode ini dipandang tepat untuk mengkaji tentang permasalahan yang diteliti sebab lebih menjelaskan secara mendetail tentang Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Kelompok Penyandang Disabilitas Di Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Hasil penelitian ini menunjukan (1) pada Aspek penyelenggaraan pemerintah desa bahwa Pemerintah Desa Noelbaki sudah memiliki perdes tentang perlindungan kelompok penyandang disabilitas yakni Perdes Nomor 08 tahun 2017 Tentang Keberadaan Forum Peduli Perempuan, Disabilitas, Dan Kelompok Rentan Nekaf. (2) Aspek Pembagunan Sarana dan Prasarana Aksebilitas Kelompok Penyandang Disabilitas menunjukan bahwa Fasilitas khusus dan umum yang pro bagi penyandang/rama disabilitas di Desa Noelbaki untuk sementara masi sangat minim. (3) Aspek Pendidikan dan Pemberdayaan Ekonomi Penyandang Disabilitas menunjukan bahwa di Desa Noelbaki kegiatan pendampingan yang dilakukan pemerintah desa adalah yang pertama, lewat pengutan kapasitas kelompok penyandang disabilitas dan memotivasi kelompok penyandang disabilitas agar mereka bisa hidup mandiri untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam keluarga. Dan yang kedua, pendampingan yang dilakukan pemerintah desa adalah lewat kreativitas kerajinan tangan daur ulang sampah plastik dan koran bekas serta melati menjahit untuk meningkatkan usaha dari penyandang disabilitas itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Pemerintah Desa, Pemberdayaan dan Kelompok Penyandang Disabilitas.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:22
Last Modified: 24 Nov 2022 06:22
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10295

Actions (login required)

View Item View Item