Pengaruh Potongan Harga Motif Emosional Dan Suasana Toko Terhadap Pembelian Impulsif Mahasiswa Pada Matahari Department Store Kupang

HEO, Cindy Claudia Patrikcia (2019) Pengaruh Potongan Harga Motif Emosional Dan Suasana Toko Terhadap Pembelian Impulsif Mahasiswa Pada Matahari Department Store Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (323kB)

Abstract

Usaha ritel yang bergerak dalam bidang fashion di Indonesia terus meningkat, salah satunya yaitu PT. Matahari Department Store, Tbk Kupang. Banyak strategi yang telah diterapkan untuk meningkatkan penjualan, namun pada tahun 2016 dan tahun 2017 hasil penjualan tersebut mengalami fluktuasi. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan kepada 10 orang yang berbelanja pada PT. Matahari Department Store, Tbk Kupang, 7 orang di antaranya melakukan pembelian tanpa direncanakan sebelumnya karena adanya pengaruh potongan harga yang diberikan, motif emosional, dan suasana toko. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 dari perguruan tinggi di Kota Kupang, yang berbelanja di PT. Matahari Department Store, Tbk Kupang. Sampel yang ditentukan dengan cara mengalikan jumlah indikator yaitu 15 dengan nilai skor 10, sehingga jumlah sampel 150 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel aksidental. Data diolah dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan program spss versi 16. Hasil analisis deskriptif memberikan gambaran kategori persepsi mahasiswa sebagai konsumen yang melakukan pembelian impulsif dengan persentasi 92,5% dengan kategori sangat tinggi, variabel Potongan Harga 74,6% kategori tinggi, Motif emosional 83% kategori tinggi, dan variabel Suasana Toko 75% kategori baik. Berdasarkan analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan sebagai berikut ; Y = 0,221 X1 + 0.181 X2 + 0.233 X3. Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variabel suasana toko (0,233), diikuti oleh variabel potongan harga (0,221), dan yang terakhir adalah variabel motif emosional (0,181). Hasil uji t menunjukkan Variabel Potongan Harga dan Variabel Suasana Toko secara parsial berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan Variabel Motif Emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Impulsif pada PT. Matahari Department Store, Tbk Kupang. Hasil uji F menunjukkan Variabel Potongan Harga, Motif Emosional, dan Suasana Toko secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Pembelian Impulsif. Hasil koefisien determinasi = 0,145 atau 14,5% merupakan kontribusi dari tiga variabel tadi, sedangkan sisanya yaitu 85,5% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini. Perusahaan hendaknya lebih memperhatikan besarnya potongan harga, agar lebih banyak konsumen yang melakukan pembelian impulsif, juga memperhatikan jenis produk tertentu khususnya produk dengan merek yang paling banyak diminati/ yang sedang populer, agar dapat memberikan dorongan secara emosional kepada konsumen untuk berbelanja. Perusahaan juga dapat menyajikan suasana toko yang menarik dengan menampilkan layout yang menarik dan mengatur ruang gerak konsumen di area belanja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Potongan Harga, Motif Emosional, Suasana Toko dan Pembelian Impulsif.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:27
Last Modified: 24 Nov 2022 06:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10300

Actions (login required)

View Item View Item