Penerapan Pendekatan Psikologis Dalam Menganalisis Perilaku Memilih Masyarakat Kelurahan Alak Kecamatan Alak Kota Kupang Pada Pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Timur Tahun 2018

NGUSU, Antonius Nomine Wowo (2019) Penerapan Pendekatan Psikologis Dalam Menganalisis Perilaku Memilih Masyarakat Kelurahan Alak Kecamatan Alak Kota Kupang Pada Pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Timur Tahun 2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penyelenggaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) sejatinya merupakan bagian penting kehidupan bernegara Indonesia di era reformasi. Penyelenggaraan Pemilu termasuk Pilkada merupakan wujud pelaksanaan sistem demokrasi. Wujud demokrasi diantaranya adalah partisipasi politik warga Negara. Pada tahun 2018, Indonesia melaksanakan Pilkada serentak. Salah satu daerah yang melaksanakan pemilihan kepala daerah adalah provinsi Nusa Tenggara Timur. Pada pemilihan gubernur dan wakil gunernur Nusa Tenggara Timur, ada 4 pasangan calon ikut berpartisipasi, diantaranya sebagai berikut : pasangan Esthon L. Foenay dan Christian Rotok (ESTHON-CRHIS); Marianus Sae dan Emmilia Nomleni (MARIANUS-EMI); Benny K. Harman dan Benny A. Litelnoni (HARMONI); dan Viktor B. Laiskodat dan Joseph Nae Soi (VIKTORY-JOSS). Sehingga pemilih memilih judul “Penerapan Pendekatan Psikologis Dalam Menganalisis Perilaku Memilih Masyarakat Kelurahan Alak Kecamatan Alak Kota Kupang Pada Pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Timur Tahun 2018.” Dengan menggunakan pendekatan psikologis hasil penelitian menunjukan bahwa : pertama, Sikap suka terhadap seorang calon atau kedekatannya dengan calon tersebut sangat berpengaruh bagi masyarakat Kelurahan Alak dalam menentukan pilihannya. Kedua, Program partai politik tidak begitu besar pengaruhnya bagi masyarakat Kelurahan Alak. Ketiga, Ketertarikan pemilih dengan isu yang diangkat menjadi tolak ukur bagi pemilih dalam menentukan pilihan. Entah itu karena memiliki kepentingan pribadi, kepentingan umun atau publik. Keempat, Semua calon atau kandidat pada umumnya memiliki pengelaman atau rekam jejak yang berbeda-beda. Ada yang pernah menjadi wakil gubernur, bupati, dan anggota DPR. Semua pengalaman dan rekam jejak tersebut menjadi suatu hal yang sangat signifikan bagi masyarakat Kelurahan Alak dalam menjatuhkan pilihan. Begitu pula dengan rekan jejam jejak organisasi dan rekam jejak pendidikan para kandidat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Memilih, Pendekatan Psikologis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:40
Last Modified: 24 Nov 2022 06:40
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10314

Actions (login required)

View Item View Item