Analisis Kinerja Keuangan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Anggaran 2015-2017

SUSANTHI, Maria Tri (2019) Analisis Kinerja Keuangan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Anggaran 2015-2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (277kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kinerja Keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Anggaran 2015-2017? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Anggaran 2015-2017. Jenis data dalam penelitian ini terbagi atas data menurut sumber dan menurut sifat. Data menurut sumber terbagi atas data primer dan data sekunder sedangkan data menurut sifat terbagi atas data kuantitatif dan kualitatif. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis Deskriptif Kuantitatif. Setelah melakukan analisis, hasil penelitian menunjukan bahwa Kinerja Keuangan Pendapatan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur secara umum dikatakan tidak baik. Hal ini dibuktikan (a) Varians Pendapatan Daerah rata-rata di atas 100%, (b) Pertumbuhan Pendapatan Daerah rata-rata (negatif) 37,53%, (c) Rasio Keuangan Pendapatan Daerah dilihat dari Derajata Desentralisasi menunujukan rata-rata 24,59% (cukup), Rasio Ketergantungan Keuangan Daerah relatif tinggi rata-rata 94,03%, Rasio Efektivitas secara umum rata-rata 101,14%, Derajat Konstribusi BUMD mencapai angka rata-rata 7,38%. (2) Kinerja Keuangan Belanja Daerah Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur secara umum dapat dikatakan baik. Hal ini dibuktikan (a) Varians Belanja Daerah rata rata di bawah 100%, (b) Pertumbuhan Belanja Daerah mengalami pertumbuhan rata-rata 20,01%, (c) Keserasian Belanja Daerah dapat dikatakan bahwa Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur mengalokasikan sebagian besar anggaran belanjanya untuk Belanja Operasi rata-rata 75,44% dibandingkan dengan Belanja Modal rata-rata 14,50%, (d) Efisiensi Belanja Daerah menunjukan rata-rata di bawah 100%. Saran bagi pemerintah daerah kabupaten dan kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur (1) Pemerintah perlu meningkatkan kinerjanya, agar semakin baik dan memaksimalkan potensi dari segala sumber penerimaan daerahnya masing-masing, agar pendapatan yang diperoleh besar, (2) Pemerintah daerah lebih bijak dalam mengatur penerimaan dan pengeluaran pembiayaan daerahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, Anggaran Pendapatan, Anggaran Belanja, APBD
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:48
Last Modified: 24 Nov 2022 06:48
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10321

Actions (login required)

View Item View Item