Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan Akuntansi, dan Pengalaman Kerja Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Kupang

PULLU, Yuni Amelia (2019) Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan Akuntansi, dan Pengalaman Kerja Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (209kB)

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitianini adalah (1).Apakah tingkat pendidikan, pelatihan akuntansi, dan pengalaman kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Kupang? (2).Apakah tingkat pendidikan, pelatihan akuntansi, dan pengalaman kerja secaras imultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Kupang?.Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui tingkat pendidikan, pelatihan akuntansi, dan pengalaman kerja secara parsial berpengaruh signifikanterhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Kupang (2).Untuk mengetahui pendidikan, pelatihan akuntansi, dan pengalaman kerja secaras imultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Kupang. Populasi dalam penelitianini adalah 35 Organisasi Perangkat Daerah di Kota Kupang dengan jumlah pegawai 129 orang.Sampel ditentukan sebanyak 35 Organisasi Perangkat Daerah yaitu berjumlah 70 orang (2 orang dari tiap Organisasi Perangkat Daerah).Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasildata penelitian menunjukkan bahwa, Pertama:tingkat pendidikan (t=2.806, sig=0,007), pelatihan akuntansi (t=2.114, sig=0.008), dan pengalaman kerja (t=2.873, sig= 0.005)secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerahKota Kupang. Kedua: secara simultan diperoleh nilai Fhitungsebesar 7,598 dengan tingkat signifikan 0.000 lebih kecil dari tingkat alfa yaitu 5% (0.05). Dalam penelitian ini variabel pengalaman kerja memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Kupang (β3=0.305). Dalam penelitian ini kontribusi dari variabel bebas yaitu tingkat pendidikan, pelatihan akuntansi dan pengalaman kerja sebesar 57.2% (R Square = 0.572). Saran bagi Pemerintah Kota Kupang harus meningkatkan pendidikan pegawai penyusun laporan keuangan dengan penempatan pegawai sesuai bidang pendidikan, meningkatkan pelatihan akuntansi bagi pegawai penyusun laporan keuangan dengan meningkatkan kualitas pelatihan dan pelatihan yang sesuai kebutuhan ,meningkatkan pengalaman kerja pegawai bagian keuangan dengan cara menambah tugas pegawai yang berhubungan dengan bidang akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tingkat pendidikan, pelatihan akuntansi, pengalaman kerja dan kualitas laporan keuangan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HM Sociology
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:51
Last Modified: 24 Nov 2022 06:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10324

Actions (login required)

View Item View Item