Analisis Peran Pendapatan Desa Dalam Mendukung Pembangunan Dan Pemberdayaan Desa Wehali Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka Tahun Anggaran 2016-2017

MUDA, Fransiskus Aloysius (2019) Analisis Peran Pendapatan Desa Dalam Mendukung Pembangunan Dan Pemberdayaan Desa Wehali Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka Tahun Anggaran 2016-2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (895kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (19kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Peran dan kontribusi Pendapatan Desa dalam mendukung pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Wehali Kecamatan Malaka Tengah? (2) Apa saja Faktor-faktor Penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan pemanfaatan Pendapatan dalam mendukung pembanguan Desa di Desa Wehali?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran dan kontribusi pendapatan Desa dalam mendukung pembangunan dan pemberdayaan di Desa Wehali. (2) Untuk mengetahui faktor faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfatan pendapatan Desa terhadap pembangunan dan pemberdayaan Desa Wehali. Penelitian ini dilakukan pada Desa Wehali, kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka. Sumber data yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah data keuangan desa berkaitan dengan peran dari pendapatan desa dalam mendukung pembangunan dan pemberdayaan Desa Wehali Tahun Anggaran 2016-2017. Teknik pengumpulan data observasi awal dan hasil wawancara. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pendapatan Desa Wehali, tidak memiliki Pendapatan Asli Desa (PADesa). (2) Partisipasi masyarakat Desa Wehali yang masih apatis dengan pentingnya peran masyarakat dalam mendukung pembangunan dan pemberdayaan desa secara swakelola sehingga berdampak pada pembangunan yang tidak tepat sasaran. (3) Pemberdayaan di Desa Wehali yang masih dikatakan belum memberdayakan, kegiatan tenun, bantuan alat pertanian, yang tidak berjalan akibat dari kurangnya pengawasan dari pemerintah Desa serta partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan yang masih kurang. Melihat hasil analisis tersebut disarankan pemerintah Desa Wehali harus memanfaatkan sumber daya sebagai Pendapatan Asli Desa, Pemerintah desa Wehali harus melibatkan masyarakat dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat terhadap pembangunan dan pembedayaan Desa secara swakelola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Pembangunan dan Pemberdayaan, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 24 Nov 2022 07:06
Last Modified: 24 Nov 2022 07:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10333

Actions (login required)

View Item View Item