Pengaruh Citra Merek, Celebrity Endorser Dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa FEB Unwira Kupang

KOLO, Olivia Ermelinda (2022) Pengaruh Citra Merek, Celebrity Endorser Dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa FEB Unwira Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (958kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (572kB)

Abstract

Shopee merupakan sarana jual beli online yang menyediakan berbagai produk untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Pembelian Mahasiswa FEB UNWIRA pada shopee per bulan Agustus-Desember 2021 mengalami fluktuasi. Masalah dalam penelitian ini 1.)Bagaimana persepsi konsumen tentang citra merek, celebrity endorser, promo gratis ongkos kirim dan gambaran keputusan pembelian melalui Aplikasi Shopee pada Mahasiswa FEB UNWIRA Kupang? 2.)Apakah citra merek, celebrity endorser dan promo gratis ongkos kirim secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi shopee pada Mahasiswa FEB UNWIRA Kupang? 3.)Apakah citra merek, celebrity endorser dan promo gratis ongkos kirim secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi shopee pada Mahasiswa FEB UNWIRA Kupang? Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Katolik Widya Mandira Kupang yang berbelanja di Shopee, sampel sebanyak 102 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis Deskriptif diperoleh jawaban responden terhadap variabel citra merek sebesar 75,4% dengan kategori baik, variabel celebrity endorser sebesar 71,6%, variabel promo gratis ongkos kirim sebesar 67,4% dengan kategori cukup baik dan variabel keputusan pembelian sebesar 75,8% dengan kategori baik. Hasil regresi linear berganda diperoleh persamaan sebagai berikut: Y= 0,426 X1+0,090 X2+0,364 X3. Hasil uji t menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusn pembelian, celebrity endorser berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, promo gratis ongkos kirim berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil dari koefisien determinasi (R²) = 47,90% menunjukkan bahwa keputusan pembelian merupakan kontribusi dari variabel citra merek, celebrity endorser dan promo gratis ongkos kirim sedangkan sisanya 52,10% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen, Aplikasi shopee perlu memperhatikan simbol merek dalam shopee agar lebih menarik perhatian pelangggan, harus lebih jeli memilih celebrity endorser agar bebar-benar dipercaya dalam membawakan iklan shopee dan sebaiknya memberikan gratis ongkir untuk semua produk yang dibeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Celebrity Endorser, Promo Gratis Ongkos Kirim dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Olivia Ermelinda Kolo
Date Deposited: 28 Nov 2022 23:57
Last Modified: 28 Nov 2022 23:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10353

Actions (login required)

View Item View Item