Pengaruh Motivasi Dan Pengawasan Fasilitator Terhadap Kinerja Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) di Desa Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang

NAIMNANU, Gorensius P. E. (2014) Pengaruh Motivasi Dan Pengawasan Fasilitator Terhadap Kinerja Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) di Desa Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (713kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (128kB)

Abstract

Skripsi “Pengaruh Motivasi dan Pengawasan fasilitator terhadap Kinerja Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) Di Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang” ditulis oleh Gorensius P.E. Naimnanu, NIM: 421 09 007, di bawah bimbingan Bapak Karolus T.Sius, SH.,MSi. selaku Pembimbing I, dan Bapak rs. Marianus Kleden, MSi, selaku Pembimbing II, bertujuan untuk (1) menggambarkan kinerja PNPM-MP, dan (2) menganalisis secara kuantitatif faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan program tersebut, yaitu faktor motivasi dan faktor pengawasan fasilitator. Kinerja PNPM-MP diukur melalui: (1) Perkembangan sistem pembangunan partisipatif di Desa dan antar desa; (2) Terjadinya peningkatan kapasitas pemerintah desa dalam memfasilitasi pembangunan partisipatif; (3) Terlembaganya pengelolaan dana bergulir dalam peningkatan pelayanan sosila dasar dan ketersediaan akses ekonomi terhadap rumah tangga miskin (RTM); dan (4) Terjadinya peningkatan peran serta dan kerja sama para pemanfaatan kepentingan dalam upaya penanggulangan kemiskinan pedesaan. Faktor motivasi diukur melalui 3 indikator: (1) Memberikan pelatihan teknis tentang pengelolaan program agar terjadi hubungan sosial masyarakat yang efektif dan efisien; (2) Memberikan gaji yang cukup terhadap UPK dan TPK beserta bahawan sebagai bentuk motivasi kerja; (3) Membangun komunikasi yang baik antara badan pengurus dan masyarakat setempat dalam menjalankan program PNPM-MP. Sedangkan faktor pengawasan diukur melalui 3 indikator: (1) Pengawasan langsung, yakni melakukan pengamatan kegiatan dilapangan dengan menilai kerja-kerja yang dilaksanakan; (2) Pengawasan tidak langsung, yakni pengawasan yang dilakukan melalui laporan yang disampaikan bawahan secara lisan maupun tulisan; dan (3) Kesesuaian laporan kinerja dengan hasil kerja di lokasi kegiatan PNPM-MP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survai pada populasi penelitian dengan sampel/responden sebanyak 36 orang; dan alat pengumpulan data berupa angket dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) kinerja PNPM-MP di Desa Penfui Timur berada pada klasifikasi sangat baik, dengan nilai 860; (2) faktor motivasi berada pada klasifikasi sangat baik, dengan nilai 894; dan (3) faktor pengawasan berada pada klasifikasi sangat baik, dengan nilai 834. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar (1) Para pengelola PNPM-MP di Desa Penfui perlu mempertahankan kinerja yang telah dicapai dan menjaga keberlanjutannya; (2) para peneliti lain dapat menganalisis hasil penelitian ini secara inferensial untuk mengetahui signifikansi pengaruh factor-faktor yang berhubungan dengan kinerja PNPM-MP di Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, motivasi, pengawasan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 01 Dec 2022 06:10
Last Modified: 01 Dec 2022 06:10
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10385

Actions (login required)

View Item View Item