Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Pelestarian Keanekaragaman Hayati Di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

BLIKOLOLONG, Olastika Agnes Nogo (2018) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Pelestarian Keanekaragaman Hayati Di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (19kB)

Abstract

Masalah pokok pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas VII materi pokok Pelestarian Keanekaragaman Hayati di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Surya Mandala Kupang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pra eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakana adalah One Group Pretest-Posttest design. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan tes, dan di analisis dengan statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa rerata ketuntasan siswa 86,66 (tuntas) dan rerata klasikal 96% (tuntas). Rerata proporsi indikator pembelajaran 0,84 (tuntas) dan rerata sensivitas butir soal 0,71 (sensitif). Guru mampu mengelola pembelajaran dengan skor rata-rata adalah 3,6 (baik). Rerata reliabilitas instrumen pengamatan guru 98,69 (baik) dan rerata reliabilitas instrumen pengamatan aktivitas siswa 98.69 (baik). Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together pada materi pokok Pelestarian Keanekaragaman Hayati Efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2017/ 2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran kooperatif, Tipe Numbered Heads Together (NHT), Pelestarian Keanekaragaman Hayati, dan Hasil Belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 01 Dec 2022 06:20
Last Modified: 01 Dec 2022 06:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10389

Actions (login required)

View Item View Item