Studi Komparasi Hasil Belajar Antara Tipe Think Pair Share Dengan Tipe Take And Give Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Materi Pokok Ikatan Kimia Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Kupang Semester Ganjil Tahun Akademik 2013/2014

NURBAHTYAH, Nurbahtyah (2013) Studi Komparasi Hasil Belajar Antara Tipe Think Pair Share Dengan Tipe Take And Give Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Materi Pokok Ikatan Kimia Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Kupang Semester Ganjil Tahun Akademik 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (51kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik. Model pembelajaran kooperatif tipe take and give adalah Pembelajaran dengan menggunakan kartu yang berisi sebuah topik yang kemudian peserta didik bertugas memberi dan menerima informasi berupa topik pembelajaran yang terdapat di dalam kartu. Masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa pada SMA Negeri 2 Kupang?. (2) Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap hasil belajar siswa pada SMA Negeri 2 Kupang?. (3) Adakah perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara peserta didik yang di ajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan model pembelajaran kooperatif tipe take and give?. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa pada SMA Negeri 2 Kupang (2) Untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap hasil belajar siswa pada SMA Negeri 2 Kupang (3) Untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara peserta didik yang di ajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan model pembelajaran kooperatif tipe take and give. jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan komparasi dengan sampel penelitian siawa/i kelas X – 10 dan kelas X – 12 SMA Negeri 2 Kupang dengan jumalah siawa kelas X – x sebanyak 33 siswa dan kelas X – 12 sebanyak 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan peleksanaan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran kooperatif tipe take and give, lembar pengamatan kemampuan psikomotor siswa, lembar afektif siswa dan tes hasil belajar (THB). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dekriptif dan analisis statistik. Dari analisis deskriptif diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran yang merapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe take and give termasuk dalam kategori baik dengan skor 4,00. Ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah tuntas, dengan rincian ketiga aspek : (1) aspek kognitif tuntas dengan skor 73,81% (2) aspek psikomotor dengan skor 84,9% (3) aspek afektif tuntas dengan skor 86,57% Ketuntasan indikator hasil belajar dengan memerapkan model pembelajaran kooperatif tipe take and give adalah tuntas, dengan rincian ketiga aspek: (1) aspek kognitif tuntas dengan skor 75,61% (2) aspek psikomotor dengan skor 89,1% (3) aspek afektif tuntas dengan skor 88,05% Ketuntasan hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah tuntas, dengan rincian untuk ketiga aspek (1) aspek kognitif tuntas dengan skor 76,66% (2) aspek psikomotor dengan skor 86,96% (3) aspek afektif tuntas dengan skor 86,96% Ketuntasan hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe take and give adalah tuntas, dengan dengan rincian untuk ketiga aspek (1) aspek kognitif tuntas dengan skor 83,54% (2) aspek psikomotor dengan skor 87,27% (3) aspek afektif tuntas dengan skor 86,18% Tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran kooperatif tipe take and give yaitu dari perhitungan uji t – test yang dipeoleh nilai ≤ ≤ yaitu 1,86 ≤ 2,000 Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran kooperatif tipe take and give baik untuk diterapkan pada siswa kelas X – x (TPS) dan siswa kelas X – 12 (take and give) SMA Negeri 2 Kupang materi pokok ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 01 Dec 2022 06:58
Last Modified: 01 Dec 2022 06:58
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10398

Actions (login required)

View Item View Item