Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Pemuaian Pada Peserta Didik Kelas VII G Semester Ganjil SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

LALI, Ony Octavia (2013) Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Pemuaian Pada Peserta Didik Kelas VII G Semester Ganjil SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (757kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (278kB)

Abstract

Pendekatan Inkuiri terbimbing adalah pendekatan pembelajaran yang mempersiapkan situasi bagi peserta didik untuk melakukan eksperimen sendiri di bawah bimbingan guru, mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan mencari sendiri jawaban atas pertanyaan yang mereka ajukan. Masalah utama dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Pemuaian pada peserta didik Kelas VII G Semester Ganjil SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Secara spesifik, masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Pemuaian pada peserta didik Kelas VII G Semester Ganjil SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014? 2) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Pemuaian pada peserta didik Kelas VII G Semester Ganjil SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014? 3) Bagaimana hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Pemuaian pada peserta didik Kelas VII G Semester Ganjil SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014? 4) Bagaimana respon peserta didik terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Pemuaian pada peserta didik Kelas VII G Semester Ganjil SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014? Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Pemuaian pada peserta didik Kelas VII G Semester Ganjil SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Secara spesifik tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Pemuaian pada peserta didik Kelas VII G Semester Ganjil SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. 2) Mendeskripikan ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Pemuaian pada peserta didik Kelas VII G Semester Ganjil SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. 3) Mendekripsikan ketuntasan hasil belajar yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Pemuaian pada peserta didik Kelas VII G Semester Ganjil SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Pemuaian pada peserta didik Kelas VII G Semester Ganjil SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VII G SMPN 10 Kupang yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pelaksanaan Pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing, Tes Hasil Belajar (kognitif, afektif, psikomotor dan proses) dan Angket Respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, presentase dan proporsi. Sedangkan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Bahan Ajar Peserta Didik, Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik, Kisi-kisi dan Tes Hasil Belajar. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan inkuiri terbimbing adalah baik untuk materi pokok Pemuaian pada peserta didik kelas VII G SMPN 10 Kupang yang berjumlah 26 orang. Sepuluh indikator hasil belajar kognitif yang disiapkan, terdapat satu indikator yang dikatakan tidak tuntas sedangkan Sembilan indikator lainnya tuntas. Hasil belajar peserta didik secara keseluruhan dikatakan tuntas pada aspek kognitif, afektif, psikomotor dan proses. Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:12
Last Modified: 01 Dec 2022 07:12
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10411

Actions (login required)

View Item View Item