Penerapan Model Pembelajaran Langsung Materi Pokok Zat Wujud Zat Pada Peserta Didik Kelas VIIA Semester Ganjil SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

MAUTANG, Iin Indawati (2013) Penerapan Model Pembelajaran Langsung Materi Pokok Zat Wujud Zat Pada Peserta Didik Kelas VIIA Semester Ganjil SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (209kB)

Abstract

Model Pembelajaran Langsung merupakan salah satu model Pembelajaran yang dapat membantu peserta didik mempelajari keterampilan dasar dalam memperoleh informasi yang diajarkan selangkah demi selangkah. Model Pembelajaran Langsung diciptakan khusus untuk mempermudah peserta didik mempelajari pengetahuan deklaratif dan prosedural yang direncanakan dengan baik. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil penerapan Model Pembelajaran Langsung materi pokok zat dan wujud zat pada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPK Adisucipto Penfui Kupang? Secara terperinci permasalahan dalam penelitian ini adalah :1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung Materi pokok Zat dan Wujud zat pada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014 ? 2) Bagaimana ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran langsung materi pokok zat dan wujud zat pada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014 3) Bagaimana hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung Materi pokok Zat dan Wujud zat pada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014 ? 4) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung Materi pokok Zat dan Wujud zat pada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014? Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan Model Pembelajaran Langsung materi pokok zat dan wujud zat pada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun ajaran 2013/2014. Secara terperinci tujuan penelitian ini adalah; 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung materi pokok zat dan wujud zat pada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun ajaran 2013/2014; 2) Mendeskripsikan Ketuntasan Indikator Hasil Belajar dalam pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung materi pokok zat dan wujud zat pada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun ajaran 2013/2014; 3) Mendeskrispsikan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung materi pokok zat dan wujud zat pada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun ajaran 2013/2014; 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapakan Model Pembelajaran Langsung materi pokok zat dan wujud zat pada peserta didik kelas VIIA semester ganjil SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian adalah deskriptif dan subyek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VIIA SMPK Adisucipto penfui Kupang Tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 24 orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Bahan Ajar Peserta Didik, Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik, Kisi-kisi dan Tes Hasil Belajar. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, tes dan angket. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatanpengelolaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran langsung materi pokok zat dan wujud zat, tes hasil belajar (produk,afektik,dan psikomotor) dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, presentase dan proporsi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian menunjukan bahwa secara umum penerapan model pembelajaran langsung adalah baik untuk materi pokok zat dan wujud zat pada peserta didik kelas VIIA SMPK Madisucipto Penfui Kupang yang berjumlah 24 orang. Secara terperinci diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran fisika materi pokok zat dan wujud zat yang mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran adalah baik. Indikator hasil belajar yang disiapkan sebanyak 7 indikator kognitif semuanya tuntas. Hasil belajar peserta didik secara kelas dikatakan tuntas pada aspek kognitif, afektif, psikomotor serta respon peserta didik sehingga penerapan model pembelajaran langsung pada materi pokok zat dan wujud zat sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:12
Last Modified: 06 Dec 2022 02:12
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10424

Actions (login required)

View Item View Item