Aktivitas Ekstrak Kombinasi Kulit Pohon Jamblang (Syzygium Cumini [L. ] Skeels.) dan Kulit Kulit Pohon Kehulek (Ficus Septica) Terhadap Penyakit Gula Darah (Diabetes Mellitus)

SOMBA, Syahbuddin Abbas S. (2013) Aktivitas Ekstrak Kombinasi Kulit Pohon Jamblang (Syzygium Cumini [L. ] Skeels.) dan Kulit Kulit Pohon Kehulek (Ficus Septica) Terhadap Penyakit Gula Darah (Diabetes Mellitus). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (25kB)

Abstract

Penyakit gula darah (diabetes mellitus) merupakan suatu jenis penyakit yang disebabkan menurunnya hormon insulin dan mengakibatkan gula yang dikonsumsi tubuh tidak dapat diproses sempurna, sehingga kadar glukosa di dalam tubuh akan meningkat. Apabila kadar gula darah terus nmeningkat dapat menyebabkan rusaknya pembuluh darah, saraf dan struktur internal lainnya. Pengobatan diabetes mellitus dapat dilakukan secara verbal maupun nonverbal. Berdasarkan penelitian lapangan, telah ditemukan fakta bahwa sejumlah penderita diabetes mellitus sembuh dengan cara verbal seperti tanaman obat. Tanaman obat yang dapat dijadikan obat alternatif untuk penyakit diabetes mellitus yaitu kulit pohon jamblang dan kulit pohon kehulek. Pada penelitian ini peneliti mengkombinasikan ekstrak kombinasi kulit pohon jamblang dan kulit pohon kehulek untuk menyembuhkan penyakit gula darah (diabetes mellitus). Ekstrak dimaserasi menggunakan pelarut etanol,selama 24 jam. Ekstrak dievaporasi dan uji pelarut etanol menggunakan minyak goreng dan HCl pekat untuk mendapatkan ekstrak murni. Ekstrak murni diuji dengan beberapa parameter, antara lain : KLT, KCKT, uji kelompok senyawa alkaloid dan flavonoid, penentuan massa jenis, uji kelarutan, penetapan titik didih, putaran optik dan uji aktivitas secara in-vitro dan in-vivo. Hasil analisis menunjukkan bahwa ekstrak kombinasi kulit pohon jamblang dan kulit pohon kehulek mengandung kelompok senyawa alkaloid dan flavonoid, memiliki berat jenis 1,0118 gr/mL, titik didih 1010C, memutar arah polarisasi razimuth serta memiliki aktivitas terhadap penyakit gula darah (diabetes mellitus).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:20
Last Modified: 06 Dec 2022 02:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10431

Actions (login required)

View Item View Item