Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Menurut Persepsi Siswa Terhadap Perilaku Asertif Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018)

PAKAENONI, Oktovianus (2018) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Menurut Persepsi Siswa Terhadap Perilaku Asertif Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
FILE BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
FILE BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
FILE BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
FILE BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
FILE BAB V.pdf

Download (59kB)

Abstract

Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua menurut persepsi siswa terhadap perilaku asertif siswa kelas VIIIB SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2017/2018, dan tujuan khusus adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua yang otoriter, permisif dan demokratis menurut persepsi siswa terhadap perilaku asertif siswa kelas VIIIB SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpul data adalah wawancara tertulis. Instrumen penelitian adalah angket. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari pola asuh orang tua menurut persepsi siswa (X) dan perilaku asertif siswa(Y). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tidak ada pengaruh pola asuh orang tua menurut persepsi siswa terhadap perilaku asertif siswa kelas VIIIB SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 yang dibuktikan dengan Fhitung = 0,38 < Ftabel = 5,53, dan secara khusus: 1) tidak ada pengaruh pola asuh orang tua yang otoriter terhadap perilaku asertif siswa yang dibuktikan dengan Fhitung = 0,03 < Ftabel = 5,53, 2) tidak ada pengaruh pola asuh orang tua yang permisif terhadap perilaku asertif siswa yang dibuktikan dengan Fhitung = 4,94 < Ftabel = 5,53, 3) tidak ada pengaruh pola asuh orang tua yang demokratis terhadap perilaku asertif siswa yang dibuktikan dengan Fhitung = 0,41 < Ftabel = 5,53, pada taraf kepercayaan 99% dengan derajat kebebasan = n-2 = 28-2 = 26. Dari hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada: a) Kepala sekolah selaku pimpinan dan penanggungjawab sekolah dapat meningkatkan kerja sama dengan wali kelas, guru mata pelajaran dan konselor sekolah untuk memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi dan mendukung, perilaku asertif siswa, b) Guru mata pelajaran diharapkan untuk menciptakan suasana yang kondusif melalui pengembangan pembelajaran yang variatif, kreatif dan inovatif agar mendukung pemahaman siswa akan faktor-faktor lain yang dapat menunjang perilaku asertif siswa, c) Konselor sekolah diharapkan agar lebih berperan aktif dalam menciptakan suasana yang kondusif bersama personil sekolah lainnya dalam usaha untuk menemukan hal-hal lain yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan perilaku asertif, d) Siswa diharapkan agar mampu mengenal dan menyadari hal-hal positif dalam diri yang dapat membantu siswa untuk berperilaku asertif, e) Bagi Peneliti lain menjadikan hasil penelitian ini sebagai refrensi untuk dapat meneliti lebih lanjut tentang faktor-faktor lain seperti: jenis kelamin, self esteem, kebudayaan, tingkat pendidikan, tipe kepribadian dan lingkungan yang dapat mempengaruhi perilaku asertif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:23
Last Modified: 06 Dec 2022 02:23
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10433

Actions (login required)

View Item View Item