ENDANG, Ovita (2018) Pengaruh Sikap Cinta Damai Dan Kemampuan Verbal Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Kepolaran Senyawa Dengan Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Peserta Didik Kelas X Teknik Geomatika 1 SMK Negeri 2 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
![]() |
Text
1 Abstrak.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
2 BAB I.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
3 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
![]() |
Text
4 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (829kB) |
![]() |
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
6 BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (354kB) |
Abstract
Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching ad Learning pada dasarnya mengacu pada pendapat Bruner yang menyatakan bahwa siswa hendaknya belajar melalui partisipasi secara aktif dengan konsep-konsep dan prinsip-prinsip, agar mereka memperoleh pengalaman, dan melakukan eksperimen-eksperimen yang mengizinkan mereka untuk menemukan prinsip-prinsip itu sendiri. Proses pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dirancang sedemikian rupa agar siswa secara aktif mengkonstruksi konsep, atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, prinsip yang ditemukan. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimanakah efektifitas pembelajaran kimiayang menerapkan pendekatan Contextual Teaching ad Learning materi pokok kepolaran senyawa siswa kelas XTeknik Geomatika 1 SMK Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimanakah sikap cinta damai siswa kelas X Teknik Geomatika 1 SMK Negeri 2Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana kemampuan verbal siswa kelas X Teknik Geomatika 1 SMK Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan sikap cinta damai dan kemampuan verbal siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning materi pokok kepolaran senyawa siswa kelas X Teknik Geomatika 1 SMK Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh sikap cinta damai dan kemampuan verbal siswa terhadap hasil belajar kimiayang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learningmateri pokok kepolarana senyawa siswa kelas X Teknik Geomatika 1 SMK Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? .Tujuan utama penelitian ini (1) Mengetahui efektifitas pembelajaran kimia yang menerapkanpendekatan Contextual Teaching and Learningmateri pokok kepolaran senyawa siswa kelas XTeknik Geomatika 1 SMK Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) Mengetahui sikap cinta damai siswa kelas X Teknik Geomatika 1 SMK Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018(3) Mengetahui kemampuan verbal siswa kelas X Teknik Geomatika 1 SMK Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018(4)Mengetahui ada tidaknya hubungan sikap cinta damai dan kemampuan verbal siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning materi pokok kepolaran senyawa siswa kelas X Teknik Geomatika 1 SMK Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (5)Mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap cinta damai dan kemampuan verbal siswa terhadap hasil belajar kimia yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning materi pokok kepolaran senyawa siswa kelas X Teknik Geomatika 1 SMK Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018?. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning efektif pada materi pokok kepolaran senyawa pada siswa kelas X Teknik Geomatika 1 SMK Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018.(2) sikap cinta damai siswa kelas X Teknik Geomatika 1 SMK Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dikatakan tuntas dengan nilai yang diperoleh sebesar 84 (3) Kemampuan verbal siswa kelas X Teknik Geomatika 1 SMK Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori istimmewah dengan skor rata-ratakemampuan penalaran sebesar 648 (4) Ada hubungan antara sikap cinta damai dan kemampuanverbal siswa kelas X Teknik Geomatika 1 SMK Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018dengan koefisien korelasi =0,521(5) Ada pengaruh antara sikap cinta damai dan kemampuan verbal siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning materi pokok kepolaran senyawa siswa kelas X Teknik Geomatika 1 SMK Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 denganpersamaan regresi ganda Ŷ = 43,995 + 0,421 (1) + 0,118 (x2)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 02:28 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:28 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |