Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajan Kooperatif Melalui Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018

BRIA, Adrianus (2018) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajan Kooperatif Melalui Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
cover,kata pengantar, daftar isi.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah lemahnya proses pembelajaran, dimana pembelajaran di sekolah masih berpusat pada guru seperti ceramah, sehingga mengakibatkan kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada materi pokok sistem pernapasan pada manusia di SMP Angkasa Penfui Kupang tahun ajaran 2017/2018. Jenis Penelitiannya adalah Pra-eksperimen dengan desain One-Group PretestPosttest Design. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan tes, data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa: Hasil belajar siswa mencapai rata-rata 82 (tuntas), ketuntasan klasikal 100%, proporsi indikator rata-rata 0,81, sensivitas butir soal 0,50 (sensitif), skor rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran 3,83 (baik), aktivitas dalam mengikuti pembelajaran 52,09 Kesimpulannya yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif terhadap Hasil Belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Uji Efektivitas, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dan Sistem Pernapasan Pada Manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:37
Last Modified: 06 Dec 2022 02:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10436

Actions (login required)

View Item View Item