Upaya Meningkatkan Teknik Ekspresi Vokal Solo Pada Mahasiswa Sendratasik Unwira Dengan Lagu Model Gugur Bunga Menggunakan Metode Drill

DEDU, Paulina (2018) Upaya Meningkatkan Teknik Ekspresi Vokal Solo Pada Mahasiswa Sendratasik Unwira Dengan Lagu Model Gugur Bunga Menggunakan Metode Drill. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
coverNEW.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)

Abstract

Ekspresi dalam music ialah ungkapan pikiran dan perasaan yang mencakup semua nuansa dari tempo, dinamik, dan warna suara dari unsur-unsur pokok musik, dalam pengelompokan frase yang diwujudkan oleh penyanyi dan disampaikan pada pendengarnya. Dapat disimpulkan bahwa ekspresi merupakan sesuatu yang bersifat menyatakan perasaan yang mencakup semua nuansa dari dinamika dan tempo. Vokal berasal dari bahasa Latin vocalis yang berarti berbicara atau bersuara. Vokal dalam seni music adalah alunan nada-nada yang keluar dari suara manusia. Vokal merupakan jenis bermusik yang paling popular Karena dapat dilakukan dimanapun, meski tanpa tambahan alat apapun. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan teknik ekspresi vokal solo pada mahasiswa Sendratasik Unwira dengan lagu model Gugur Bunga menggunakan metode drill. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan teknik ekspresi vokal solo pada mahasiswa Sendratasik Unwira dengan lagu model Gugur Bunga menggunakan metode drill. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses upaya meningkatkan teknik ekspresi vokal solo pada mahasiswa Sendratasik Unwira dengan lagu model Gugur Bunga menggunakan metode drill dilakukan 3 tahap. Tahap awal peneliti menjelaskan tentang ekspresi dalam bernyanyi, tujuan dan metode yang digunakan dalam penelitian. Tahap inti peneliti mengajarkan tentang bagaimana bernyanyi dengan ekspresi yang baik dan benar, dan tahap akhir adalah pementasan lagu Gugur Bunga. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran ekspresi dalam bernyanyi terdapat beberapa kesulitan pada penguasaan ekspresi pada lagu Gugur Bunga, namun hal tersebut dapat diatasi melalui metode Drill.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik Ekspresi, Vokal Solo, Gugur Bunga, dan Metode Drill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:50
Last Modified: 06 Dec 2022 02:50
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10444

Actions (login required)

View Item View Item