Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Materi Pokok Pemuaian Pada Siswa Kelas VII C SMPK Sta. Theresia Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

TEFNAI, Rikhardus N. (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Materi Pokok Pemuaian Pada Siswa Kelas VII C SMPK Sta. Theresia Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa dari pemilihan sub topik, perencanaan investigasi hingga mempresentasikan hasil di depan kelas, selain itu, model pembelajaran ini menuntut siswa untuk bekerja sama dalam kelompok. Masalah utama dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok materi pokok Pemuaian pada Siswa Kelas VII\C SMPK Sta. Theresia Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Secara spesifik, masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok? 2) Bagaimana keterampilan kooperatif siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok? 3) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok? 4) Bagaimana hasil belajar fisika siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok? 5) Bagaimana respon siswa terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok? Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok materi pokok Pemuaian pada Siswa Kelas VII C SMPK Sta. Theresia Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Secara spesifik tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok. 2) Mendeskripsikan keterampilan kooperatif siswa dalam kegiatan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok. 3) Mendeskripikan ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok. 4) Mendekripsikan ketuntasan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok. 5) Mendeskripsikan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian siswa/i kelas VII C SMPK Sta. Theresia Kupang yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pelaksanaan Pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok, Lembar Pengamatan Keterampilan Kooperatif Siswa, Tes Hasil Belajar (THB) dan Angket Respon Siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Dari hasil analisis diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok adalah baik, dengan skor rata-rata tiap aspek, yakni: perencanaan pembelajaran 4,00, pelaksanaan pembelajaran 3,90, dan evaluasi pembelajaran 4,00. Keterampilan kooperatif siswa yang meliputi aspek berada dalam tugas, mengambil giliran dan berbagi tugas, mendorong berpartisipasi, bertanya atau menjawab dan mendengarkan dengan aktif semuaya berada pada batasan efektivitas yang ditetapkan. Tujuh indikator hasil belajar yag disiapkan semuanya tuntas dengan rata-rata proporsi ≥ 75% atau ≥ 0,75% yakni mencapai 0,87. Hasil belajar siswa semuanya tuntas dengan rata-rata tes awal 0,49 menjadi 0,84 pada tes akhir. Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran sangat baik berada dalam rentang penilaian (81-100)%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 12 Dec 2022 01:39
Last Modified: 12 Dec 2022 01:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10591

Actions (login required)

View Item View Item