Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Gerak Lurus Pada Peserta Didik Kelas X MIPA 4 Semester Ganjil SMA Katolik Giovanni Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

HOTONG, Patrisius B. (2016) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Gerak Lurus Pada Peserta Didik Kelas X MIPA 4 Semester Ganjil SMA Katolik Giovanni Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (127kB)

Abstract

Model pembelajaran Discovery Learning merupakan suatu model untuk mengembangkan Cara Belajar Peserta didik Aktif (CBSA) dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan peserta didik. Dengan belajar penemuan, peserta didik juga bisa belajar berfikir analisis dan mencoba memecahkan sendiri problem yang dihadapi. Kebiasaan ini akan ditransfer dalam kehidupanb bermasyarakat. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaranv discovery learning materi pokok gerak luruspada peserta didik kelas X MIPA 4 semester ganjil SMA Katolik Giovanni Kupang tahun ajaran 2016/2017? yang secara spesifik dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi pokok gerak lurus pada peserta didik kelas X MIPA 4 semester ganjil SMA Katolik Giovanni Kupang tahun ajaran 2016/2017? 2) bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi pokokgerak lurus pada peserta didik kelas X MIPA 4 semester ganjil SMA Katolik Giovanni Kupang tahun ajaran 2016/2017? 3) bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi Pokok gerak lurus pada peserta didik kelas X MIPA 4 semester ganjil SMA Katolik Giovanni Kupang tahun ajaran 2016/2017? 4) bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi pokok gerak lurus pada peserta didik kelas X MIPA 4 semester ganjil SMA Katolik Giovanni Kupang tahun ajaran 2016/2017? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik (peneliti) dan peserta didik kelas X MIPA 4 semester ganjil SMA Katolik Giovanni Kupang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 34peserta didik. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),Kisi-kisi Tes Hasil Belajar dan Tes Hasil Belajar. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, tes dan angket. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, tes hasil belajar dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi skor rata-rata, proporsi dan presentase. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian dan pembahasan hasil penelitian, diperoleh bahwa pembelajaran dengan menerapkan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi pokok Gerak Lurus pada peserta didik kelas X MIPA 4 semester ganjil SMA Katolik Giovanni Kupang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 34peserta didik secara umum mencapai hasil yang optimal. Secara terperinci diperoleh kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran adalah baik dengan skor masing-masing 3,90; 3,72; 3,96. Indicator hasil belajar (IHB) yang disiapkan sebanyak sembilan indikator produk, sembilan indikator afektif, dan enam indikator psikomor dengan tiga RPP untuk masing-masing RPP semuanya tuntas dengan rata-rata proporsi masing-masing 0,90; 0,94; 0,93.Tes Hasil belajar (THB) peserta didik baik dari aspek afektif, psikomotor dan kognitif semuanya tuntas dengan skor masing-masing 0,90, 0,94 dan 0,93. Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang meliputi; kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, alokasi waktu dan suasana kelas dilakukan oleh pendidik semuanya berada dalam kategori sangat baik dengan persentase masing-masing aspek secara berturut-turut adalah 84,71%;88,41%;85,44 %;87,65 %; dan 88,22 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning; Hasil Belajar; Gerak Lurus
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 12 Dec 2022 01:55
Last Modified: 12 Dec 2022 01:55
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10601

Actions (login required)

View Item View Item