Pengaruh Citra Merek, Daya Tarik Iklan dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Aplikasi Online Tokopedia, Pada Kaum Milenial Di Kota Kupang

KOLO, Aprianus J. (2022) Pengaruh Citra Merek, Daya Tarik Iklan dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Aplikasi Online Tokopedia, Pada Kaum Milenial Di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (838kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)

Abstract

Aplikasi online Tokopedia sangat diminati saat ini, membuat berbagai aplikasi online lainnya harus adu strategi dalam memperebutkan konsumen. Aplikasi online Tokopedia pada Kaum Milenial di Kota Kupang kehilangan konsumennya, sehingga mengalami kenaikan dan penurunan penjualan, dikarenakan konsumen tidak tertarik akan citra merek, iklan yang kurang menarik dan celebrity endorser BTS kurang menarik konsumen. Masalah penelitian ini adalah : (1). Bagaimana persepsi konsumen terhadap Daya Tarik Iklan, Celebrity Endorser, gambaran Citra Merek dan Minat Beli Ulang melalui Aplikasi Online Tokopedia pada Kaum Milenial di Kota Kupang? (2). Apakah Citra Merek, Daya Tarik Iklan dan Celebrity Endorser secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang melalui Aplikasi Online Tokopedia pada Kaum Milenial di Kota Kupang? Penelitian ini dilakukan pada Kaum Milenial di Kota Kupang, dengan populasi adalah konsumen yang mempunyai minat beli ulang. Penentuan jumlah sampel berdasarkan S=50+8n, yaitu sebanyak 82 orang. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumen. Tahapan analisis data diawali dengan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis dan nilai koefisien determinasi (R2). Hasil analisis data menyimpulkan bahwa persepsi konsumen tentang Citra Merek, Daya Tarik Iklan dan Celebrity Endorser pada Aplikasi Online Tokopedia Di Kota Kupang adalah baik. Hal ini didasarkan pada hasil analisis deskriptif yang dilakukan terhadap keseluruhan variabel, di mana rata-rata kategori persepsi responden terhadap Citra Merek adalah 70,63, Daya Tarik Iklan dengan rata-rata 75,53, Celebrity Endorser dengan rata-rata 77,0, dan Minat Beli Ulang dengan rata-rata 74,0. Rata-rata seluruh variabel masuk dalam kategori baik. Secara parsial, Citra merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, sedangkan daya Tarik iklan dan celebrity endorser tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. Secara simultan,variabel citra merek, daya Tarik iklan dan celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang melalui aplikasi online Tokopedia. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,555. Nilai ini menerangkan bahwa 55,5% variabel minat beli ulang pada aplikasi online Tokopedia, dipengaruhi oleh 3 variabel tersebut. Sesuai kesimpulan di atas, disarankan kepada Tokopedia, agar memperhatikan citra dari merek yang dijual, dengan cara memperoleh kepercayaan dengan konsumen dengan menampilkan produk yang memiliki citra yang baik dan positif di ingatan konsumen. Tokopedia perlu melakukan inovasi pada iklan yang ditayangkan, seperti kreatifitas dalam iklan, pesan-pesan iklan yang mudah dimengerti. Tokopedia mengontrak celebrity endorser yang memiliki keahlian dan terkenal, agar mudah diingat oleh konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Daya Tarik Iklan, Celebrity Endorser, Minat Beli Ulang
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M APRIANUS J. KOLO
Date Deposited: 08 Dec 2022 22:43
Last Modified: 08 Dec 2022 22:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10618

Actions (login required)

View Item View Item